Jakarta (ANTARA) - Paviliun Indonesia berpartisipasi dalam pameran produk makanan dan minuman berskala internasional FOODEX 2022 yang diselenggarakan pada 8-11 Maret di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Partisipasi Indonesia pada pameran berskala internasional itu merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia Tokyo, BNI Cabang Tokyo, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka dan ASEAN Japan Centre, demikian menurut keterangan KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Selasa.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Paviliun Indonesia di FOODEX 2022. Dia mengatakan partisipasi Indonesia dalam pameran internasional itu untuk mengakselerasi peningkatan ekspor non-migas Indonesia, khususnya produk makanan minuman di pasar Jepang.

Dia menyampaikan bahwa tren ekspor makanan olahan Indonesia ke Jepang terus meningkat dalam lima tahun terakhir.

"FOODEX 2022 adalah ajang pameran makanan dan minuman paling bergengsi dan terbesar di Asia. Acara prestisius ini menjadi momentum untuk memperkuat promosi produk-produk Indonesia, salah satu produk primadona Indonesia adalah udang black tiger asal Papua," kata Heri.

"Jepang merupakan negara dengan konsumsi per kapita udang tertinggi dunia, mencapai 3,28 kilogram. Udang beku tetap menjadi produk seafood yang paling banyak diimpor oleh Jepang dengan pangsa sebesar 13,3 persen dari total impor perikanan Jepang," ujarnya.

Sawaguchi Takayuki, salah satu importir di Tokyo, mengaku tertarik dengan produk makanan yang dipromosikan di Paviliun Indonesia.

"Kami khusus hadir di FOODEX 2022 ini untuk datang ke Paviliun Indonesia karena tertarik dengan udang asal Papua dengan kualitas yang sangat baik," kata Takayuki.

FOODEX yang diselenggarakan pada tahun ini merupakan ajang yang ke-47. Paviliun Indonesia diwakili oleh 36 produsen dan eksportir makanan-minuman dengan skala besar dan UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung dan Papua.

Terdapat empat kategori produk makanan dan minuman yang dipamerkan Paviliun Indonesia, yaitu produk rempah-rempah, pertanian dan hortikultura, produk perikanan dan akuakultur serta produk makanan-minuman olahan, organik dan halal.

Pameran FOODEX 2022 di Jepang diikuti lebih dari 1.487 peserta dari 43 negara, antara lain Inggris, Italia, Australia, Belgia, Brazil, Swiss, China, Thailand, Amerika Serikat dan Vietnam.

Baca juga: Produk makanan dan minuman RI raup 12 juta dolar AS di pameran Jepang
Baca juga: Produk RI di Foodex Jepang, Mendag: Ajang raih kesempatan saat pandemi
Baca juga: Produk makanan minuman Indonesia tetap tampil di FOODEX Jepang 2021

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022