AsiaNet 46225

PARIS, 8 September 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

           Time is Now, Yalla! - JR akan Menyediakan Stan Foto bagi Seluruh Warga untuk Mengambil Foto Mereka dan Merekatkannya di Jalan

     Seniman dan Pemenang TED Prize JR hari ini meluncurkan Time is Now, Yalla! - bagian dari Proyek Inside Out-nya di mana orang-orang di seluruh dunia melakukan apa yg mereka percayai dengan merekatkan foto hitam-putih berukuran sangat besar di dinding dan jalanan dari komunitas mereka.

     Time is Now, Yalla! saat ini sedang berlangsung di Israel (Tel Aviv) dan Palestina (Bethlehem dan Ramallah). JR dan timnya telah mendirikan tiga stan foto berukuran sangat besar, yang berlangsung pada tanggal 3-11 September, mengumpulkan sekitar 1.000 foto setiap harinya. Warga Palestina dan Israel diundang untuk datang dan, sebagai ganti pernyataan pribadi, menerima foto dalam format besar yang dapat mereka rekatkan di tempat manapun yang mereka inginkan - baik itu sebagai keinginan mereka sendiri maupun bagian dari kelompok.

     "Ketika saya pertama kali bekerja di sini pada Proyek Face2Face, saya merekatkan foto-foto warga Israel dan Palestina yang melakukan pekerjaan yang sama untuk menunjukkan bahwa meskipun mereka berbeda, warga Palestina dan Israel cukup sama untuk saling memahami," kata JR. "Dan setelah saya kembali pada tahun 2010 untuk melakukan tur pertama yang memungkinkan orang-orang melihat warga Israel dan Palestina selama perjalanan yang sama. Saya kembali saat ini sebagai mesin pencetak, memberikan stan foto gratis kepada warga, sehingga mereka dapat mengambil foto mereka sendiri, berbagi apa yang mereka perjuangkan, dan merekatkannya di jalanan komunitas mereka. Setiap orang dapat menceritakan sebuah kisah melalui seni, dan Time is Now menghilangkan hambatan untuk berekspresi dan memberi orang alat untuk dapat dilihat dan didengar."

     Dalam konteks situasi warga Israel dan Palestina dalam mencapai persimpangan jalan - dari pembentukan kembali dunia Arab dan warga Israel mendesak keadilan sosial - Time is Now akan mendengarkan sebagian besar warga terpinggirkan yang percaya solusi yang mengarah kepada 2 negara untuk 2 masyarakat sedang dinantikan penerapannya, serta akan membawa kedamaian dan kesejahteraan.

     JR menyatakan: "Kami ingin menunjukkan bahwa ada dukungan besar-besaran atas perdamaian pada kedua belah pihak dan bahwa kaum muda ingin melangkah maju, guna melindungi masa depan mereka. Peran kami adalah hanya untuk membuat pernyataan visual yang positif di masyarakat Israel dan Palestina.

     Proyek ini dinamakan Time is Now, Yalla!" karena "Yalla!" adalah kata dalam bahasa Arab yang digunakan oleh warga Palestina dan Israel untuk mengatakan "ayo."

     JR menciptakan Proyek Inside Out setelah beliau menerima TED Prize - yang mengabulkan keinginan seseorang yang sangat luar biasa untuk mengubah dunia. Dengan harapan ini, JR mencari cara untuk meluncurkan proyek seni yang partisipatif dan terbesar di dunia. Sejak ia menyatakan keinginannya pada bulan Maret 2011, lebih dari 40.000 masyarakat Brazil, Tunisia, Perancis, Amerika Serikat, Jerman, Pakistan, Jepang, Selandia Baru, Uruguay, Thailand, dan negara-negara lainnya telah memberikan foto-foto mereka.

     Inside Out di Israel dan Palestina: Time is Now, Yalla! diharapkan menjadi aksi kelompok tunggal terbesar. Jika proyek ini selesai, sebuah buku akan diluncurkan dalam bahasa Arab, Perancis, Ibrani, Perancis dan Inggris untuk mengilustrasikan dampaknya. Sebuah dokumenter singkat juga akan dibuat oleh sutradara Alastair Siddons, yang telah mengikuti Proyek Inside Out dan meluncurkan film pendek tentang Tunisia [http://www.youtube.com/theinsideoutchannel].

     "Sangatlah tidak mungkin jika tidak terinspirasi oleh foto dan cerita yang berkembang dari Proyek Inside Out JR," ujar Direktur Pemberian TED Prize Amy Novogratz. "Seringkali cerita-cerita positif hilang di tengah-tengah konflik dan saya percaya Inside Out membawa persepsi eksternal dan memungkinkan orang menunjukkan kepada dunia siapa mereka sebenarnya dan apa yang mereka percaya pada intinya. Saya tidak ragu bahwa Time is Now, Yalla! akan menunjukkan foto-foto yang menarik, momen-momen yang kuat, serta harapan adanya kesempatan untuk berubah.

     Tentang Proyek Inside Out

     InsideOut adalah proyek seni partisipatif berskala besar yang mengubah pesan identitas pribadi menjadi bagian-bagian dari pekerjaan seni. Setiap orang ditantang menggunakan foto hitam putih untuk menemukan, menunjukkan, dan berbagi kisah-kisah yang belum diketahui dan foto orang-orang di seluruh dunia. Proyek ini secara digital mengunduh foto yang dibuat menjadi poster dan mengirimnya kembali ke rekan pencipta proyek ini, agar mereka memperlihatkannya kepada masyarakat mereka sendiri. Orang-orang dapat berpartisipasi secara individual maupun bagian dari kelompok. Poster-poster dapat ditempatkan di manapun, dari foto tunggal di jendela kantor, hingga ke dinding pada gedung yang tidak digunakan lagi, atau di dalam stadion yang penuh. Pameran-pameran tersebut akan didokumentasikan, diarsipkan dan tersedia secara online pada http://www.insideoutproject.net.

     Proyek InsideOut didukung oleh TED Prize yang menawarkan setiap tahunnya untuk individu-individu yang luar biasa "satu harapan untuk mengubah dunia." TED Prize membantu melawan kemiskinan, menghilangkan tidak adanya toleransi beragama, meningkatkan kesehatan global, mengatasi berat badan berlebihan pada anak, kemajuan pendidikan, dan saat ini menginspirasi seni di seluruh dunia.


     Tautan:

     http://www.tedprize.org
     http://www.jr-art.net
     http://www.dailymotion.com/jr
     http://www.youtube.com/user/TheInsideOutChannel
     http://www.facebook.com/pages/JR-Artist/223272651023002
     http://www.facebook.com/timeisnowyalla

     SUMBER:  TED Prize

     KONTAK:  Erin Allweiss
              +1-202-446-8265
              eallweiss@groupsjr.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011