Solo (ANTARA) - Tujuh atlet panahan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) mulai menjalani pelatnas di lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Solo, Jawa Tengah, guna menghadapi ASEAN Para Games (APG) XI 2022.

Pelatih kepala panahan NPCI Tri Sugeng Purwanto di Solo, Selasa mengatakan tujuh atlet yang mengikuti pelatnas terdiri dari tiga putra dan empat putri. Adapun total atlet yang disiapkan untuk APG 2022 di Solo, Jawa Tengah, Juli nanti sebanyak 16 atlet.

"Saat ini baru tujuh atlet, untuk sisanya akan bergabung April nanti. Harapan kami persiapan bisa maksimal agar bisa merebut dua emas dari 15 nomor yang dipertandingkan," katanya.

Ketujuh atlet panahan yang mulai menjalani pelatnas dari nomor recurve putra adalah Kholodin dan Daniel Ugo, sedangkan bagian putri ada Sri Hartati dan Mahda Aulia. Dari nomor compound putri ada Walminah dan Tuwariah, sedangkan bagian putra ada Ken Swagumilang.

Baca juga: Menpora matangkan persiapan ASEAN Para Games 2022
Baca juga: Solo bersiap jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022


Terkait dengan target dua emas, pelatih panahan Denny mengatakan peluang untuk meraihnya memang terbuka. Hanya saja persiapan harus dimaksimalkan terutama dalam hal teknik dan mental atlet. Pihaknya menilai atlet pelatnas mulai menunjukkan peningkatan kemampuan.

Menurut Denny, atlet Thailand diprediksi bakal menjadi lawan berat atlet Indonesia karena atlet dari Negeri Gajah Putih itu aktif diberbagai kejuaraan internasional mulai Paralimpiade Tokyo dan bahkan pada kejuaraan di Dubai turun dalam kekuatan penuh.

"Di banding Thailand, NPC Indonesia kekurangannya adalah tryout. Tapi kami akan terus menyiapkan tim dengan baik," kata Denny.

Sebelumnya, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun memastikan Kota Solo siap menggelar ASEAN Para Games XI pada Juli mendatang menggantikan Vietnam yang mundur, mengingat sebelumnya juga pernah mengampu kesempatan serupa pada 2011.

NPCI sudah mempersiapkan 200-an atletnya dan saat ini mengusulkan 13 cabang olahraga untuk dipertandingkan yaitu atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, balu tangkis, balap sepeda, dan menembak. 

Baca juga: Tim bulu tangkis NPC Indonesia targetkan enam emas APG XI 2022
Baca juga: Tim para-catur fokus berlatih jelang ASEAN dan Asian Para Games 2022
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022