Perkembangan perusahaan tambang di Aceh sudah sangat baik
Banda Aceh (ANTARA) - Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI,  Dr. Ridwan Djamaluddin meninjau pabrik  PT Solusi Bangun Andalas (SBA) di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh untuk melakukan koordinasi sekaligus memantau kinerja perusahaan.

“Perkembangan perusahaan tambang di Aceh sudah sangat baik. Pengawasan yang dilakukan oleh Inspektur Tambang dan Dinas ESDM Aceh juga sudah baik. Kita terus melakukan koordinasi yang intens bersama Dinas ESDM Aceh guna mendukung kemajuan pertambangan yang ada di Aceh,” kata  Ridwan dalam kunjungan kerjanya di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan koordinasi yang terbangun selama ini dengan Dinas ESDM Aceh sangat baik dan pihaknya terus memantau dan mengarahkan agar semua perusahaan pertambangan yang ada di Provinsi Aceh dapat menerapkan teknik penambangan yang baik sesuai aturan.

Dirjen Minerba beserta seluruh tim juga meninjau langsung penerapan teknik pertambangan yang dilakukan oleh SBA.

Dalam kunjungannya tersebut, Dirjen Minerba melihat langsung aktivitas operasional tambang Quarry batugamping SBA di ketinggian 120 MDPL.

“Kita telah melihat langsung area Quarry batugamping SBA yang memiliki kualitas bagus untuk industri semen. Selain menghasilkan semen yang baik, penataan lingkungannya juga dilakukan dengan baik. Kita melihat langsung area yang sudah di tambang dan telah dilakukan reklamasi revegetasi dengan baik,” katanya.

Pemerintah mendorong agar industri tambang bisa berkembang agar dapat berkontribusi dalam membangun Indonesia  sekaligus ikut menjaga lingkungan demi generasi yang akan datang.

SBA berkomitmen untuk selalu menerapkan praktik teknik pertambangan yang baik dalam setiap bisnis operasinya.

SBA juga akan terus secara intens berkoordinasi dengan Ditjen Minerba Kementerian ESDM RI, Dinas ESDM Aceh, Inspektur Tambang Kementerian ESDM RI, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memajukan pertambangan di Aceh.

Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur, MM., menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dirjen Kementerian ESDM RI ke Aceh.

“Kita akan terus jaga dan tingkatkan koordinasi bersama Dirjen Minerba untuk memajukan pertambangan di Aceh,” katanya.

PT Solusi Bangun Andalas merupakan anak usaha dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk yang memiliki kapasitas produksi 1,6 juta ton semen per tahun. 

Perusahaan mengoperasikan pabrik terintegrasi di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh dengan fasilitas pengemasan yang berlokasi di Lhoknga, Lhokseumawe, Belawan, dan Dumai.

Baca juga: Dirjen: Industri pertambangan penggerak utama pembangunan nasional
Baca juga: Pertambangan tanpa izin melanggar konstitusi
Baca juga: Pemerintah rangkul produsen lokal tingkatkan TKDN pertambangan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022