Ada risiko bahwa presiden ECB mungkin mengakui kelemahan euro sebagai salah satu hambatan yang dihadapi ekonomi blok itu. Itu sudah cukup untuk menawarkan euro setidaknya penangguhan hukuman sementara
New York (ANTARA) - Euro naik dari posisi terendah 22-bulan terhadap dolar AS yang dicapai sesi sebelumnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), sebagian terangkat oleh ekspektasi bahwa zona euro akan meningkatkan pengeluaran fiskal untuk membantu mengimbangi dampak ekonomi dari invasi Rusia ke Ukraina.

Investor juga ragu-ragu untuk menjual euro menjelang pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis (10/3). Prospek stagflasi telah mendorong para ekonom menyatakan bahwa para pembuat kebijakan mungkin menunda kenaikan suku bunga sampai akhir tahun.

Mata uang tunggal Eropa, yang telah terpukul sejak awal gejolak geopolitik terbaru, juga menguat terhadap mata uang lain seperti yen, franc Swiss dan sterling.

Bloomberg News melaporkan pada Selasa (8/3) bahwa Uni Eropa berencana secepat minggu ini untuk bersama-sama menerbitkan obligasi dalam skala besar yang berpotensi untuk membiayai pengeluaran energi dan pertahanan.

Franziska Palmas, ekonom pasar di Capital Economics, mengatakan bahwa jika dikonfirmasi berita itu akan positif untuk aset-aset zona euro, tetapi itu tidak akan cukup untuk mempertahankan pemulihan mereka.

Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions di Washington, percaya euro tampaknya telah menemukan "dasar tentatif," dengan beberapa investor enggan untuk menguji posisi terendah baru menjelang pertemuan ECB.

"Ada risiko bahwa presiden ECB mungkin mengakui kelemahan euro sebagai salah satu hambatan yang dihadapi ekonomi blok itu. Itu sudah cukup untuk menawarkan euro setidaknya penangguhan hukuman sementara," tambah Manimbo.

Selain itu, harga patokan minyak internasional, minyak mentah Brent, mundur dari level tertinggi 14 tahun Senin (7/3) di bawah 140 dolar AS per barel, yang membantu meningkatkan sentimen euro. Brent masih naik 4,3 persen pada Selasa (8/3) di 128,50 dolar AS per barel.

Euro kembali menguat setelah lima sesi penurunan terhadap dolar. Mata uang tunggal naik lebih dari satu sen dari palung 1,0806 dolar AS pada Senin (7/3), terendah sejak Maret 2020 ketika pandemi COVID-19 mencengkeram Eropa.

Mata uang tunggal terakhir naik 0,5 persen pada 1,0906 dolar AS.

Euro secara singkat diperdagangkan setara dengan franc Swiss pada Senin (7/3) untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun. Euro naik 0,9 persen pada Selasa (8/3) menjadi 1,0134 franc.

Pedagang memperkirakan pasar berombak selama beberapa bulan ke depan, dengan pengukur volatilitas euro/dolar pada level tertinggi sejak kekacauan pasar Maret 2020.

Ketika euro naik, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang global lainnya, datar menjadi sedikit lebih rendah di 99,15.

Itu mengatakan, safe-haven dolar tetap menjadi aset yang diminta meskipun sedikit mundur pada Selasa (8/3). Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, dolar telah naik sekitar 3,3 persen karena krisis semakin intensif.

Selain reli komoditas, perang dan sanksi Barat berikutnya telah menghancurkan aset-aset Rusia, dengan rubel jatuh ke rekor terendah 160 terhadap dolar dalam perdagangan luar negeri yang tidak menentu pada Senin (7/3). Rubel pada Selasa (8/3) menguat 5,9 persen versus greenback, yang jatuh ke 127 rubel.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022