Mudah-mudahan ini jadi ajang untuk mencari bibit-bibit atlet menembak baru lagi untuk bisa mengharumkan nama bangsa kita.
Jakarta (ANTARA) - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyampaikan persiapan kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 telah mendekati tahap akhir sehingga seluruh alat dan arena akan siap pada hari pertama lomba, Kamis (10/3).

Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar pada 10–13 Maret 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, setelah sempat vakum selama 3 tahun.

"Dalam 2 malam sudah selesai. Sebelum pelaksanaan saya yakin 1 hari sebelum pelaksanaan kita sudah bisa melihat secara jelas bahwa kami siap menyelenggarakan kejuaraan menembak ini," kata Komandan Paspampres (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi saat ditemui usai meninjau lokasi lomba, Rabu.

Ia lanjut menerangkan persiapan akhir lomba di antaranya meliputi peletakan sejumlah alat di sejumlah arena, misalnya pagar pembatas dan jalur untuk akses para penembak.

"Di tiap arena itu harusnya sudah dilengkapi dengan pagar pembatas ataupun alur jalurnya untuk menembak itu (masih) belum terpasang. Itu saja sebenarnya," kata dia.

Walaupun demikian, persiapan hal-hal yang inti telah rampung termasuk di antaranya penunjukan wasit saat kejuaraan berlangsung.

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres Cup 2022 terdapat tujuh kelas, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Tembak ekshibisi akan diikuti oleh beberapa pejabat publik, tokoh masyarakat, serta sejumlah artis dan bintang televisi di Tanah Air.

Danpaspampres berharap kejuaraan menembak tidak hanya jadi wadah mengasah kemampuan para prajurit TNI dan anggota Polri, tetapi juga jadi ajang pembibitan atlet dan mengedukasi masyarakat, terutama mengenai olahraga menembak.

"Mudah-mudahan ini jadi ajang untuk mencari bibit-bibit (atlet menembak) baru lagi untuk bisa mengharumkan nama bangsa kita, terutama di tingkat dunia," ujar Mayjen Tri Budi Utomo.

Danpaspampres meninjau langsung persiapan Piala Danpaspampres di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu, didampingi oleh Asisten Operasi (Asops) Paspampres Kolonel Infanteri Rudi Setiawan.

Kolonel Rudi merupakan Ketua Panitia Piala Danpaspampres pada tahun ini.

Pimpinan Pasukan Pengamanan Presiden saat meninjau lokasi lomba memeriksa satu per satu arena sambil menerima laporan dan penjelasan dari pelatih menembak asal Paspampres Kapten Cpl Arif Saefuddin. Danpaspampres juga menguji coba senjata dan alat-alat pelindung yang akan digunakan saat lomba nanti.

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 terbuka untuk prajurit TNI, anggota Polri, dan masyarakat umum.

Pendaftaran lomba telah dibuka sejak bulan lalu sampai hari penyelenggaraan pada hari Kamis.

Ketua Panitia Danpaspampres 2022 Kolonel Inf. Rudi menyampaikan peserta yang mendaftar telah melewati angka 200 peserta.

Ia menambahkan bahwa jumlah itu akan terus bertambah sampai kejuaraan berlangsung.

Baca juga: Kejuaraan Danpaspampres Cup 2022 utamakan keselamatan

Baca juga: Paspampres kebut persiapan lomba tembak Piala Danpaspampres 2022

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022