Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menekankan pentingnya mewujudkan kesetaraan gender di dunia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Dengan pentingnya agenda kesetaraan gender bagi seluruh masyarakat dunia, kesetaraan gender pun ditetapkan sebagai tujuan kelima dari Sustainable Development Goals atau SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Menteri Bintang dalam webinar internasional bertajuk "Empowered Women Dare To Speakup" yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut berkaitan dengan prinsip SDGs yang bertujuan memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal.

"Agenda kelima ini sungguh spesial karena bukan hanya menjadi agenda yang dituju, tetapi juga sebagai bagian dari prinsip keseluruhan SDGs itu sendiri yaitu no one left behind atau tidak ada seorangpun yang tertinggal," katanya.

Dia mengatakan kesetaraan dan perlindungan bagi perempuan menjadi tujuan bersama yang tidak dapat ditawar lagi agar perempuan dapat turut berpartisipasi dalam seluruh lini pembangunan.

Baca juga: Menteri: Media sosial berperan ungkap kasus kekerasan pada perempuan

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia diharapkan turut dorong kesetaraan gender


Bintang juga mengatakan perempuan merupakan sumber daya manusia yang sangat berharga yang dapat membawa kemajuan bagi semua dalam segala situasi, termasuk situasi krisis.

Ia lebih lanjut mengatakan peringatan Hari Perempuan Internasional tahun ini mendorong perempuan untuk berkontribusi kepada komunitas, negara dan dunia.

"Peringatan Hari Perempuan Internasional pada tahun ini dengan tema "Gender Equality Today For a Sustainable Tomorrow" merefleksikan kemajuan yang telah dibuat oleh perempuan hingga saat ini dalam menyuarakan perubahan, berkontribusi dalam pengambilan keputusan serta untuk merayakan keberanian dan tekad perempuan yang memainkan peran luar biasa dalam berkontribusi kepada komunitas, negara dan dunia internasional," katanya.

Menteri Bintang berharap momentum peringatan Hari Perempuan Internasional tahun ini dapat mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak perempuan yang lebih komprehensif dan inklusif.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional berdayakan perempuan demi kesetaraan

Baca juga: W20 2022 prioritaskan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022