Cetak kartu BPJS kurang dari 5 menit untuk cek kepesertaannya
Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini sudah banyak memberi kemudahan pelayanan termasuk dalam kasus penyakit ginjal, menurut Direktur Utama Dewan Direksi Badan Penyelenggara BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc., PhD.

"Banyak pelayanan di BPJS Kesehatan yang dipermudah, ditingkatkan mutunya bahkan bisa antre dari rumah, diberi layanan jam berapa dan antreannya nomor berapa," kata dia dalam sebuah konferensi pers virtual, Rabu.

Ali mengatakan, khususnya pada penyakit ginjal, kemudahan dalam pelayanan juga diberikan dalam bentuk konsultasi dari rumah sehingga pasien tak perlu datang langsung ke fasilitas pelayanan kesehatan, pelayanan hemodialisa di rumah sakit, sistem rujukan bagi pasien hemodialisa hingga pembiayaan kasus gagal ginjal.

Baca juga: BPJS Kesehatan kejar 12 persen sisa target kepesertaan

"Kemudahan akses terutama pelayanan data administrasi hemodialisa untuk perawatan di rumah sakit, tidak harus dirujuk kembali tetapi bisa berlaku selama 90 hari. Bahkan bisa antri dari rumah," kata dia.

Pasien yang mengalami berbagai masalah terkait penyakitnya juga bisa menghubungi tenaga kesehatan melalui pusat panggilan 165, layanan online PANDAWA hingga telekonsultasi melalui mobile JKN.

"Cetak kartu BPJS kurang dari 5 menit untuk cek kepesertaannya. Perubahan BPJS Kesehatan sudah banyak, pelayanan sudah bagus meskipun beberapa rumah sakit belum bisa mengikuti karena belum semuanya betul-betul belum menyatu sistemnya," tutur Ali.

Dari sisi pembiayaan, Ali menyebut, gagal ginjal menjadi salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan pembiayaan katastropik bagi pasien dengan total kasus saat ini mencapai 6,9 juta per tahun.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022