Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan akan menyebarkan informasi terkait kondisi cuaca selama kegiatan sampingan (side event) KTT G-20 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"BMKG akan memberikan informasi cuaca khusus pada saat pelaksanaan kegiatan side event. Itu dimulai seperti tanggal 14-15 Maret nanti dalam kegiatan Asia Internasional Water Week," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat Sti Nenotek kepada ANTARA di Labuan Bajo, Rabu.

Informasi cuaca khusus sendiri telah diperbaharui pada Display Informasi Cuaca yang akan terpasang di Hotel Meruorah dan Ayana yang merupakan dua lokasi kegiatan sampingan KTT G-20.

Bentuk informasi yang akan diberikan yakni cuaca Labuan Bajo per tiga jam, info cuaca perairan sekitar Manggarai Barat, kondisi Gempa Bumi, dan kondisi cuaca terkini yang diamati dari alat Automatic Weather Station.

Selain itu BMKG juga melakukan pemasangan Peralatan Marine Automatic Weather Station (AWS Pelabuhan) di Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo, Peralatan TDWR dan Lidar di Bandara Komodo yang mana untuk menunjang keselamatan penerbangan terutama pada saat terbang (take off) dan mendarat (landing).

Dia memastikan BMKG Stasiun Meteorologi Komodo akan selalu memberikan informasi cuaca khusus.

Namun, kepentingan informasi ini dikembalikan kepada penyelenggara kegiatan; apakah membutuhkan informasi tersebut atau tidak.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022