Jakarta (ANTARA) - Bakat storyteller atau menjadi penutur cerita yang andal menjadi salah satu faktor yang memengaruhi sebuah kisah yang ditulis oleh seorang penulis buku.

Menariknya faktor itu belum tentu dimiliki semua orang dan ternyata cara mendapatkannya dimulai dari tips kecil yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari.

Baca juga: Kiat Dee Lestari ajarkan anak kebiasaan baca buku

Sebagai penulis buku, Dee Lestari, membagikan tips mudahnya untuk para generasi muda yang tertarik menjadi pencerita andal.

“Jangan berpikir hal- hal besar dulu, mulailah dari kebiasaan kecil. Seperti menulis jurnal harian untuk diri sendiri karena dari situ kita bisa belajar bercerita dari hal paling dekat yaitu kehidupan kita sendiri,” kata Dee dalam sebuah acara virtual, Rabu.

Pada saat mengambil peran sebagai pencerita, seorang penulis harus bisa menyusun komponen alur cerita dan juga tata bahasa yang menarik.

Jika kebiasaan menyusun alur cerita tidak dilatih, maka tentunya cita- cita ingin menjadi penulis yang andal pun tak mudah untuk diraih.

Penulis buku “Filosofi Kopi” itu pun menyebutkan jika sudah berlatih menulis cerita diri sendiri lewat jurnal, maka lambat laun kebiasaan bercerita dengan baik dan benar bisa terbentuk.

Lewat jurnal harian pun orang bisa terbiasa mengatur dan memetakan alur, sehingga nantinya ketika sudah terbiasa ia dapat membuat cerita yang memikat dan menarik pembaca.

“Menjadi pencerita itu ibaratnya melatih otot- otot, semakin dilatih semakin kuat. Latihlah kecil-kecil dari bikin jurnal. Ketika itu sudah jadi kebiasaan dan memahami komposisi, perlahan nantinya akan terbiasa dan beralih ke karya yang lainnya seperti puisi, cerpen, hingga bentuk lainnya,”tutup Dee.


Baca juga: Storytel hadir di Tanah Air, beri pencinta buku pengalaman baru

Baca juga: "Before You" lagu tersedih yang pernah dinyanyikan Mikha Angelo

Baca juga: Dee Lestari hingga Tablo Epik High jadi bintang tamu IdeaFest 2021


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022