Menariknya, kendati masyarakat Indonesia merasakan dampak pandemi COVID-19, namun tidak menyurutkan niat untuk tetap berderma demi membantu sesama.
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dapat mencapai Rp300 miliar selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Kami berharap target itu dapat tercapai. Apalagi penghimpunan zakat Baznas terus mengalami peningkatan tiap tahunnya," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad saat konferensi pers daring Program Baznas Ramadhan yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan target ini meningkat ketimbang Ramadhan 2021. Tahun lalu dana ZIS yang berhasil dikumpulkan mencapai sekitar Rp200 miliar. Peningkatan ini, kata dia, dipandang realistis mengingat setiap tahunnya pengumpulan zakat selalu mengalami peningkatan.

Menariknya, menurut dia, kendati masyarakat Indonesia merasakan dampak pandemi COVID-19, namun tidak menyurutkan niat untuk tetap berderma demi membantu sesama.

"Hal ini tentu tak lepas dari rasa saling tolong menolong dan saling memberi yang telah tertanam di masyarakat kita, terlebih saat bulan suci Ramadhan," katanya.

Guna mewujudkan target yang dicanangkan, Baznas melahirkan inovasi guna memberi kemudahan untuk masyarakat menunaikan zakatnya. Baznas telah menjalin kerja sama bersama berbagai platform dan ritel untuk pembayaran zakat.

Baznas juga terus mendorong upaya digitalisasi demi mengoptimalkan kemudahan berzakat bagi masyarakat di mana pun berada.

"Semakin mudah masyarakat menunaikan zakatnya, maka kami yakin semakin tinggi pula penghimpunan zakat Baznas. Hal itu juga akan berdampak baik kepada masyarakat yang mendapatkan manfaat zakat," katanya.

Inovasi baru yang dikembangkan yakni mengoptimalisasi pengelolaan layanan muzaki (pemberi manfaat) secara nasional melalui Baznas daerah. Program ini akan fokus pada layanan omnichannel dan notifikasi pada 100 Baznas daerah.

Layanan omnichannel atau muzaki care di mana platform ini mengintegrasikan pesan dari beragam kanal (email dan WhatsApp) berada pada satu dashboard. Adapun layanan notifikasi WhatsApp merupakan pelayanan notifikasi penerimaan ZIS yang akan dikirimkan oleh Baznas berisi doa ZIS dan link untuk bukti setoran zakat.

"Baznas juga memiliki program baru bernama Interactive Voice Response (IVR) Ramadhan, yakni sistem panggilan suara otomatis dari nomor kantor Baznas, dengan durasi 1 menit yang akan dikirimkan kepada muzaki Baznas. IVR ini akan disampaikan kepada muzaki dalam dua waktu berbeda, yakni ketika sahur sebagai pengingat sahur dan penyampaian hadis sebelum adzan Maghrib," demikian Noor Achmad.

Baca juga: Baznas siapkan 13 program unggulan sepanjang Ramadhan

Baca juga: Kemenag ajak Baznas dan LAZ gencarkan edukasi zakat jelang Ramadhan

Baca juga: Sepanjang Ramadhan, Baznas Depok berhasil himpun zakat Rp11 miliar

Baca juga: BAZNAS: Zakat dihimpun dua kali lipat Ramadhan tahun lalu

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022