Atas permintaan pihak Ukraina, RCSC akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai 5 juta yuan ke Ukraina
Beijing (ANTARA) - Palang Merah China (RCSC) mengirimkan bantuan kemanusiaan senilai 5 juta yuan atau sekitar Rp11,3 miliar ke Ukraina.

"Atas permintaan pihak Ukraina, RCSC akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai 5 juta yuan ke Ukraina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Rabu.

Menurut dia, bantuan yang terdiri dari makanan, kebutuhan sehari-hari, dan perlengkapan lain dikirimkan dari Beijing pada Rabu.

Dalam pengarahan pers tersebut, Zhao juga memaparkan bahwa lebih dari seratus pelajar China telah dievakuasi dengan selamat dari kawasan berisiko di Sumy, Ukraina.

Sampai saat ini, jelas dia, mayoritas warga negara China telah dievakuasi dari Ukraina yang kini sedang menjadi sasaran operasi militer Rusia itu.

"Saya ingatkan sekali lagi kepada beberapa orang yang masih tersisa di Ukraina untuk tetap memperhatikan keselamatan jiwa, waspada, dan siaga penuh serta tetap menjalin kontak dengan kedutaan besar dan konsulat jenderal China di Ukraina," ujarnya. 

Baca juga: China, Prancis, Jerman dorong dialog Eropa-Rusia soal krisis Ukraina
Baca juga: Australia desak China ikut menentang invasi Rusia di Ukraina

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022