"Si Anak Kampoeng" sukses di AS

"Si Anak Kampoeng" sukses di AS

Film ini juga telah memenangi "America International Film Festival (AIFF)" pada enam kategori, termasuk sutradara terbaik dan film asing terbaik.(ANTARA News/Lukisatrio)

Jakarta (ANTARA News) - Film berjudul "Si Anak Kampoeng" besutan sutradara Damien Dematra kembali memperoleh penghargaan di luar negeri, kali ini empat kategori disabetnya pada "Los Angeles Movie Awards" di Amerika Serikat.

Damien Dematra mengatakan empat penghargaan tersebut diperoleh pada 9 September 2011, yaitu aktor terbaik untuk Radhit Syam yang memerankan Buya kecil, skenario terbaik untuk Demien Dematra, penata kostum terbaik oleh Dhee Halim, dan "Award of Excellence" untuk kategori film internasional terbaik.

Kemenangan Radhit , menurut dia, berkat persiapan matang selama enam bulan sebelum syuting dilakukan.

"Tidak heran jika di dalam film ini Radhit memesona para juri untuk penambilannya yang brilian," pujinya.

Pada 5 September 2011, film ini menjadi film terbaik di "Interculture International Film Festival", Prancis.

Direktur Festival tersebut yakni Denis Piel, menurut Damien, telah mengundangnya dan Buya untuk  menghadiri "special screening film" di Prancis, dari 29 September hingga 2 Oktober 2011.

Ia juga telah diminta untuk memberikan "workshop" tentang film tersebut.

"Mr Piel dalam suratnya juga mengucapkan terima kasih untuk sebuah karya yang sangat indah yang telah dibuat dan telah menginspirasi dunia," paparnya.

Film bersetting tahun 1930 - 1950 ini, telah memenangi juga "America International Film Festival (AIFF)" pada enam kategori yaitufilm cerita terbaik, sutradara film terbaik, film asing terbaik, sutradara film asing terbaik, film terbaik untuk kategori film 35 milimeter, dan sutradara terbaik untuk kategori film 35 mm.

Film yang telah menerima puluhan undangan dari berbagai festival di seluruh dunia ini, kata Damien.(*)

V002/C004

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar