Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Budi Hartawan mengatakan pembahasan mengenai pelatihan berbasis komunitas di forum G20 dilakukan untuk meningkatkan akses vokasi kepada masyarakat terutama yang berada di pedesaan seperti yang ingin dicapai BLK Komunitas di Indonesia.

"Kita mengangkat BLK Komunitas menjadi salah satu isu di dalam G20 karena kita berusaha untuk meningkatkan akses dari masyarakat yang berada di daerah pedesaan," ujar Dirjen Binalavotas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Budi jelang dimulainya pertemuan hari ketiga forum EWG G20 di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia telah mendorong pelatihan berbasis komunitas dengan membangun 2.912 BLK Komunitas sejak 2017. BLK Komunitas tersebut menjadi salah satu unsur yang memperkuat BLK yang telah berada di bawah naungan Kemnaker.

Adanya akses masyarakat terutama di daerah pedesaan untuk pelatihan kerja lewat BLK Komunitas diharapkan bisa meningkatkan daya saing di pasar kerja.

Baca juga: Indonesia siap dorong pelatihan vokasi berbasis komunitas di G20

Baca juga: Kemnaker tawarkan pelatihan vokasi berbasis komunitas ke anggota G20


Dalam pertemuan EWG G20 hari ini, Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization, ILO) dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) akan memaparkan konsep pelatihan vokasi komunitas dilakukan di negara-negara anggota G20.

Adanya berbagi pengalaman anggota G20, yang memiliki latar belakang tingkat pembangunan berbeda, diharapkan akan terjadi pembelajaran untuk meningkatkan pelatihan kerja di tingkat komunitas termasuk yang dilakukan di Indonesia.

"Mungkin kita bisa lihat dan akan kita lakukan metode-metode terkait dengan pembangunan BLK Komunitas kita. Bagaimana kita mempercepatnya, bagaimana hubungan BLK Komunitas dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat, dunia usaha dan industri, bagaimana dengan negara lain sehingga kita bisa mempelajarinya dengan lebih cepat," katanya.

Pembahasan BLK Komunitas itu sendiri merupakan bagian dari salah satu isu prioritas yang diusung Presidensi G20 Indonesia yaitu pengembangan kapasitas sumber daya manusia untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan.*

Baca juga: Wakil Presiden apresiasi agenda kemandirian BLK Komunitas

Baca juga: Menaker harapkan 86 BLK Komunitas di Lampung mampu mandiri

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022