Jakarta (ANTARA) - Perenang pelatnas masih mendominasi Seleksi Nasional (Seleknas) time trial hari pertama, Kamis, yang rencananya akan digelar selama tiga hari di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pelatih kepala Albert Sutanto mengatakan sebagian perenang pelatnas sudah mendekati waktu terbaiknya, di antaranya Glenn Victor Sutanto dan Patrisia Yosita Hapsari.

"Artinya itu sudah cukup baik. Kalau hari ini boleh dibilang tadi di 50 meter gaya dada putri, 50 meter gaya kupu-kupu putra, kemudian 100 meter gaya bebas itu menunjukkan hasil yang lumayan, boleh dibilang oke, yang lainnya sih saya rasa masih di luar ekspektasi kita," ujar Albert ditemui usai time trial.

Glenn finis pada urutan pertama time trial 50m gaya kupu-kupu putra dengan mencetak waktu 24,14 detik. Angka tersebut masih berada di bawah saat dia meraih perunggu pada SEA Games sekaligus memecahkan rekor nasional dengan catatan waktu 23,68 detik. Patrisia berada di posisi pertama 100m gaya bebas putri dengan 57,45 detik.

Sementara itu, para perenang muda, menurut Albert, saat ini belum terlalu menunjukkan hasil yang maksimal, sebab mereka masih menjalani latihan berat sehingga belum dapat dipaksa untuk menembus waktu tercepat.

"Karena memang waktu kita ini enggak panjang, kita dari saat ini, tahap ini minggu ini selesai kita tinggal delapan minggu lagi," kata Albert.

Baca juga: PB PRSI gelar seleknas time trial cari perenang inti SEA Games Vietnam

Lebih jauh, Albert menjelaskan atlet pelatnas hanya mendapatkan istirahat selama tiga hari jelang time trial. Tapering atau pengurangan latihan secara volume dan intensitas tersebut dilakukan untuk mendapatkan performa terbaik saat lomba.

Namun dengan waktu yang dekat menjelang SEA Games, tapering tidak dapat dilakukan secara penuh atau dalam jangka waktu yang panjang.

"Kita lihat dua hari ke depan seperti apa. Harapan kita di hari ketiga - anak-anak banyak perform di hari ketiga - kalau itu sesuai dengan harapan dan sesuai dengan prediksi kami, ya berarti ini permasalahannya dari tapering," kata Albert.

"ini yang kita lakukan monitoring dan evaluasi yang kita lakukan untuk kegiatan ini," ujarnya menambahkan.

Setelah mendapatkan 16 perenang inti dari seleknas time trial tersebut, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) akan kembali melakukan time trial untuk keperluan strategi menetapkan perenang yang tepat untuk turun di nomor-nomor tertentu.

Baca juga: Atlet renang Indonesia uji coba ke Singapura jelang SEA Games Hanoi
Baca juga: FINA batalkan kejuaraan dunia renang junior di Rusia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022