Jakarta (ANTARA) - Seri asli foto NASA dari misi Apollo berhasil dijual senilai 1,16 juta krona Denmark dalam lelang di Kopenhagen, Rabu waktu setempat.

Dari 74 foto misi Apollo 8-17 ini, terdapat satu foto terkenal menampilkan Buzz Aldrin berjalan di bulan dalam ekspedisi manusia pertama ke bulan pada Juli 1969, yang terjual senilai 52.000 krona (Rp83 juta).

Foto Buzz Aldrin dalam kostum astronaut lengkap dan Neil Armstrong, yang mengambil foto Aldrin dan bayangannya terlihat di visor Aldrin, menjadi sampul majalah National Geographic dan Life pada 1969.

Baca juga: Astronot "Apollo 11" Buzz Aldrin ikut meneliti eksplorasi Mars

Foto berwarna pertama dari earthrise pertama yang disaksikan manusia diambil dalam misi Apollo 8 pada 1968 yang dijual dengan harga 88.400 krona.

Foto vintage asli NASA ini diterbitkan dalam jumlah terbatas untuk studi ilmiah dan publikasi di majalah internasional.

"Apa yang membuat koleksi ini unik adalah nilai dan fakta bahwa kau tak lagi melihat ini di pasar seni global setiap hari," kata direktur penjualan dan valuasi Bruun Rasmussen, Kasper Nielsen, kepada Reuters.

Rumah lelang mengatakan penjualnya adalah orang asing yang punya hubungan dengan Denmark, tapi tidak mengungkapkan identitas penjual atau pembeli.

Baca juga: Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin keluhkan kemampuan AS saat ini ke Bulan

Baca juga: Kondisi Buzz Aldrin membaik berkat "David Bowie"

Baca juga: Buzz Aldrin dirawat di Selandia Baru

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022