Saya mengharap pada pengusaha juga supaya jangan melakukan ekspor sepanjang ada kebutuhan dalam negeri belum tercukupi, supaya mementingkan kebutuhan dalam negeri
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau gudang beras Perum Bulog di Kelapa Gading Jakarta untuk memastikan stok beras aman menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tanpa ada kenaikan harga.

"Saya berkunjung ke Bulog untuk mendapatkan informasi ketersediaan dan kecukupan beras. Kemarin saya ke Kementerian Pertanian kita mengharapkan adanya kepastian kecukupan pangan ini, baik beras dan non-beras, khususnya dalam menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri," kata Wapres Ma'ruf Amin saat mengunjungi gudang Bulog di Jakarta, Jumat.

Wapres menyampaikan stok beras cukup berdasarkan keterangan dari Direktur Utama Perum Bulog. Selain itu Wapres Ma'ruf Amin juga melihat langsung proses pengemasan beras yang tujuannya untuk menghasilkan produk beras berkualitas.

Wapres Ma'ruf Amin menegaskan agar ketersediaan pangan yang ada harus bisa memenuhi kebutuhan pangan nasional lebih dulu, lalu setelahnya baru melakukan ekspor.

Baca juga: Mentan memastikan stok beras aman di awal tahun

"Saya mengharap pada pengusaha juga supaya jangan melakukan ekspor sepanjang ada kebutuhan dalam negeri belum tercukupi, supaya mementingkan kebutuhan dalam negeri," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Pemenuhan pangan untuk kepentingan dalam negeri tersebut bukan hanya untuk beras, melainkan juga komoditas lain seperti minyak goreng.

Wapres juga mengingatkan agar setiap pemangku kepentingan yang menangani pangan nasional untuk memperhatikan distribusi pangan tersebut agar tidak terkendala dan menyebabkan kenaikan harga. Ma'ruf berharap agar stok pangan tersedia disertai dengan stabilisasi harga agar masyarakat dapat mengakses pangan.

Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengatakan saat ini ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sekitar 800 ribu ton. Budi Waseso mengatakan Bulog akan segera menyerap gabah atau beras produksi dalam negeri setidak-tidaknya sebanyak 1,2 juta ton untuk menambah stok beras yang ada.

Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi gudang Bulog di Kelapa Gading Jakarta didampingi oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso beserta jajarannya, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Baca juga: Dirut Bulog: Stok beras aman hingga awal triwulan I-2022

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022