Kementerian ESDM langsung bergerak cepat untuk mencapai target netralitas karbon dengan dukungan dari berbagai pihak dan negara lain
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjalin kerja sama dengan Forum Rektor Indonesia untuk mempercepat pencapaian target netralitas karbon pada 2060.

Acara penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dilaksanakan secara virtual, Jumat.

"Tujuan penandatanganan MoU sebagai pedoman dan landasan dalam pelaksanaan kerja sama pengembangan kompetensi sumber daya manusia bidang energi dan sumber daya mineral yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh perjanjian kerja sama," kata Kepala BPSDM Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Prahoro menjelaskan bahwa arah pengembangan kompetensi pegawai Kementerian ESDM yang akan mengikuti tugas belajar sesuai dengan program yang tercantum di peta jalan menuju netralitas karbon.

Transisi energi berkelanjutan menjadi salah satu isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan tahun ini. Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia dalam pemenuhan target netralitas karbon pada 2060 atau lebih cepat.

Kementerian ESDM langsung bergerak cepat untuk mencapai target netralitas karbon dengan dukungan dari berbagai pihak dan negara lain. Pencapaian target tersebut tentu saja membutuhkan sumber daya manusia yang mendukung, salah satu bentuknya adalah penyediaan sumber daya manusia dengan memberikan dukungan tugas belajar.

"Untuk mendukung program tersebut diperlukan kerja sama dengan perguruan tinggi atau universitas di seluruh Indonesia dan luar negeri, mengenai program studi dan kurikulum perkuliahan yang dapat disesuaikan," jelas Prahoro.

Dukungan tugas belajar diberikan kepada pegawai melalui jalur pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, keahlian yang spesifik, pengembangan karir, sikap dan kepribadian sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi yang mendukung organisasi secara maksimal.

Kerja sama dengan perguruan tinggi maupun universitas bertujuan untuk mendukung pegawai Kementerian ESDM untuk melanjutkan pendidikan yang sesuai dengan peta jalan netralitas karbon pada masing-masing bidang spesifikasinya.

Ketua Forum Rektor Indonesia yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono menyambut baik inisiasi kerja sama yang dilakukan Kementerian ESDM.

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki berbagai kekuatan, program pendidikan dalam transisi energi, kerja sama dapat disamakan persepsi antara Kementerian ESDM dan perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui Forum Rektor Indonesia yang secara teknis dapat ditindaklanjuti.

Baca juga: Kementerian ESDM akan gelar pelatihan operator PLTS terpusat
Baca juga: Menteri ESDM minta pemda buat kebijakan dukung energi bersih dan hemat
Baca juga: Menteri ESDM: SIMBARA bakal tertibkan perdagangan minerba ilegal

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022