Di manapun ada spot-spot kosong di Jakarta Timur, kita wajib melaksanakan penghijauan
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengajak seluruh warga di wilayahnya agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan.

"Dimanapun ada spot-spot kosong di Jakarta Timur, di perumahan atau di perkampungan, kita wajib melaksanakan penghijauan," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Jumat.

Menurut Anwar, Pemerintah Kota Jakarta Timur menerapkan program Jumat Menanam dan program Menanam Anggur yang diharapkan dapat diikuti oleh warga untuk penghijauan.

"Khusus untuk tanaman anggur, memiliki nilai ekonomis tinggi serta tanaman anggur untuk penghijauan juga dapat mengurangi polusi udara dan membuat lingkungan teduh," ujar Anwar.

Anwar juga menyebut, buah anggur bisa bisa diolah lagi menjadi produk makanan olahan. Pemkot Jakarta Timur, kata dia,  siap membantu memfasilitasi untuk pemasarannya.

Kepala Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Ali Nurdin, menambahkan, untuk mendukung program Jumat Menanam,  
pihaknya telah memberikan bantuan kepada warga. 

Bantuan itu antara lain sebanyak 220 bibit tanaman kepada warga RW 02 Kelurahan Cilangkap Kecamatan Cipayung. "Bantuan diberikan karena ada permohonan daripengurus RW. Bantuan berupa tanaman produktif kita berikan sesuai kebuutuhan," katanya.

Baca juga: Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI tanam pohon jelang tutup tahun
Baca juga: Pemprov DKI tanam pohon langka di Taman Bio Trans
Baca juga: Gubernur Babel luncurkan Gerakan Jumat Menanam Mangrove

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022