Jakarta (ANTARA News) - Gitaris grup band Slank, Abdi, mengatakan Alice Cooper bukan hanya seorang legendaris tetapi musisi yang sangat berpengaruh, terutama dalam soal penampilan di atas panggung.

"Alice Cooper sangat berpengaruh bagi musisi rock terutama soal penampilan, bagaimana cara bermain di atas panggung seperti menggunakan properti, mengatur konsep dan tata panggung," kata Abdi di sela-sela jumpa pers menjelang konser "No More Mr. Nice Guy Tour" di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu (14/9).

Menurut Abdi, Alice Cooper telah membawa pengaruh besar terhadap musisi rock di seluruh dunia dengan konsep penampilan panggungnya, bahwa sebuah pertunjukkan musik rock bukan hanya persoalan musik tetapi bagaimana caranya membawa diri dengan berbagai cara di atas panggung.

"Pertunjukan musik rock bukan hanya soal musik, tetapi 50-60 persen adalah penampilan kita di atas panggung. Kalau konsep yang dipilih Alice Cooper lebih ke teatrikal yang ekstrim, yang orang-orang bilang dengan sebutan shock rock," jelas Abdi yang hadir mewakili All Indonesian Rocks sebagai artis pembuka konser Alice Cooper.

Abdi mengaku, pengaruh Alice Cooper terhadap dirinya bukan pada gaya Abdi bermain di atas panggung tetapi lebih kepada idenya.

"Bukan pengaruh secara langsung, tetapi lebih kepada ide bahwa kita harus berpenampilan segila mungkin," kata Abdi yang paling mennyukai lagu "School`s Out" dari Alice Cooper.

Pada konser Alice Cooper yang akan diselenggarakan pada 7 Oktober mendatang di EX Park - Plaza Indonesia itu akan dibuka oleh sederetan musisi-musisi rock ternama seperti Abdi dari Slank, John Paul Ivan dari Boomerang, Maggy dari /Rif, Yuke dari Dewa, Candil, dan beberapa nama musisi rock lainnya.

Abdi menjelaskan, mereka akan membawakan lagu dari masing-masing artis, lagu-lagu rock Indonesia, dan beberapa lagu rock pada era Alice Cooper di awal tahun 1970-an.

"Namun, kami tidak akan membawakan lagu-lagu dari Alice Cooper, tidak berani, kan sudah ada artisnya yang akan membawakan nanti," kata Abdi sambil tertawa.

Alice Cooper tidak hanya sekedar musisi dan bintang rock yang sukses. Bahkan, karena pengaruh besarnya lahir band-band terkenal seperti New York Dolls, Kiss, Marilyn Manson, Nine Inch Nails, Motley Crue, Slipnot atau Rob Zombie, dimana semuanya diperngaruhi oleh gaya musik dan aksi teatrikal Alice Cooper yang legendaris.

Para penggemar musisi berusia 63 tahun itu juga beragam, mulai dari Salvador Dali, Bob Dylan, Dave Grohl `Foo Fighters` bahkan Johny Depp yang pernah tampil satu panggung dengan Alice Cooper di "100 Club" yang legendaris di London.

Awal dari tur dunianya yang akan dimulai pada 22 September 2011 di Auckland, Selandia Baru dan akan mengunjungi lebih dari 90 kota di lima benua, hampir bersamaan dengan peluncuran album terbarunya berjudul "Welcome 2 My Nightmare" yang akan dirilis oleh Universal Music pada 20 September 2011.

Pada konser perdananya nanti di Jakarta, Alice Cooper berjanji akan membuat banyak kejutan dan aksi teatrikal yang spektakuler.

"Konsep yang disajikan masih rahasia, tetapi dia menjanjikan ada satu konsep yang sangat Indonesia sekali, yang akan membakar emosional kita sebagai orang Indonesia," kata perwakilan dari promotor FM Live Production, Fauzan Zaman, di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu (14/9). (ANT-06/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011