Jakarta (ANTARA) - Dua gol Alvaro Morata membantu Juventus menekuk Sampdoria dengan skor 3-1 dalam pertandingan pekan ke-29 Liga Italia di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Juventus unggul dua gol pada babak pertama melalui gol bunuh diri Maya Yoshida dan eksekusi penalti Alvaro Morata. Sampodria memperkecil ketertinggalan lewat gol Abdelamid Sabiri di babak kedua sebelum Morata memastikan kemenangan Juventus beberapa menit kemudian.

Kemenangan ini membuat Juventus makin memantapkan diri di posisi keempat klasemen dengan 56 poin dari 29 laga, sementara Sampdoria masih berada di urutan ke-16 dengan 26 poin, demikian catatan laman resmi Serie A.

Kedua tim bermain hati-hati di 15 menit awal.

Juventus mencetak gol pada menit ke-23. Juan Cuadrado melepaskan umpan silang lewat skema serangan balik. Bola mengarah ke tiang jauh, tetapi bisa dipotong Maya Yoshida yang membuat bola masuk ke gawang sendiri. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Sampdoria mencoba mencari gol balasan secepat mungkin. Stefano Sensi kemudian punya kesempatan bagus pada menit ke-31 saat melepas tembakan dari dalam kotak penalti, tetapi bola bisa dihentikan Szczesny.

Juventus mendapatkan hadiah penalti setelah Omar Colley melanggar Moise Kean. Alvaro Morata maju sebagai eksekutor dan sukses membawa Juventus memimpin 2-0 pada menit ke-34.

Keunggulan tersebut bertahan hingga babak pertama seleasi.

Baca juga: Allegri yakin Sampdoria akan sulitkan Juventus untuk raih kemenangan

Selepas turun minum, Sampdoria mulai merepotkan Juventus pada sepuluh menit awal babak kedua.

Skuad asuhan Marco Giampaolo dengan agresif melancarkan serangan dari sisi lapangan, tetapi dapat digagalkan oleh barisan pertahan Juventus.

Juventus punya peluang emas pada menit ke-57 lewat Kean. Pemain pinjaman dari Everton itu gagal memanfaatkan kesempatan yang sudah di depan mata saat bola tembakan dari dekat masih mampu dibendung kiper Wladimiro Falcone.

Sampdoria mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-74 setelah Adrien Rabiot melakukan handball. Namun, Candreva gagal menjalankan tugasnya setelah tembakannya masih bisa ditepis Szczesny.

Sampdoria akhirnya bisa memperkecil skor pada menit ke-84. Abdelhamid Sabiri mencetak gol lewat eksekusi tendangan bebas, setelah bola yang dilepaskan membentur pagar hidup dan mengecoh Szczesny. Skor menjadi 2-1.

Alvaro Morata memastikan kemenangan Juventus pada menit ke-88. Striker asal Spanyol itu sukses mencetak gol kedua setelah menyambut umpan silang Manuel Locatelli dengan sundulan. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Juventus.

Susunan Pemain:
Sampdoria (4-1-2-1-2): Wladimiro Falcone, Bartosz Bereszynski, Maya Yoshida, Omar Colley, Tommaso Augello (Andrea Conti 83'), Antonio Candreva, Tomas Rincon (Simone Trimboli 83'), Morten Thorsby, Stefano Sensi (Sebastian Giovinco 66'), Fabio Quagliarella (Abdelhamid Sabiri 63'), Francesco Caputo.

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny, Luca Pellegrini (Mattia De Sciglio 85'), Daniele Rugani, Matthijs de Ligt, Danilo, Adrien Rabiot (Alex Sandro 75'), Arthur, Manuel Locatelli, Alvaro Morata, Moise Kean (Dusan Vlahovic 65'), Juan Cuadrado.

Baca juga: Gol tunggal Morata ke gawang Spezia jaga asa Juventus juarai liga
Baca juga: Pioli minta AC Milan segera tatap laga hadapi Empoli

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022