Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kendala serupa
Jakarta (ANTARA) - Tahun ini Traveloka memasuki usia satu dekade. Sejak beroperasi pada 29 Februari 2012, perusahaan yang awalnya hanya sebagai penyedia tiket perjalanan dan pemesanan hotel secara daring ini telah melakukan berbagai inovasi berbasis teknologi.

Berangkat dari sebuah metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp, sebuah aplikasi yang memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini dengan lebih dari 20 produk dan layanan di bawah tiga pilar utama, yakni Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).

Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi (CEO & Co-Founder) dan Albert (Co-Founder) yang berawal dari pengalaman Ferry Unardi saat mengalami kesulitan dalam memesan tiket pesawat saat merantau di Amerika untuk pulang ke tanah kelahirannya di Padang, Sumatera Barat.

Baca juga: Traveloka hadirkan layanan pesan taksi Bluebird "QuickRide"

"Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kendala serupa," kata Albert dalam siaran pers pada Minggu.

Bermula dari hanya delapan orang karyawan yang terbagi ke dalam beberapa divisi, seperti keuangan, operasional, pemasaran, dan lain-lain, kini Traveloka memiliki lebih dari 2.000 karyawan dari Asia Tenggara dan kawasan lainnya seperti Eropa dan Amerika dengan rasio karyawan pria dan wanita sebesar 60:40, di mana karyawan pria dan wanita memiliki kesempatan karir yang sama.

Saat pandemi menghantam di awal tahun 2020, Traveloka hadir dengan beragam inovasi lewat beragam produk dan fitur, seperti Traveloka Eats Delivery, sebuah layanan pemesanan dan pengantaran makanan yang baru tersedia sejak November 2020. Adapula Traveloka Clean Partners, dengan komitmen menerapkan protokol CHSE yang ketat serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus. Hingga saat ini, Traveloka telah menggandeng lebih dari 11.000 mitra untuk Traveloka Clean Partners.

Fitur Traveloka LIVEStyle, menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka. Ada juga fitur Tes COVID-19, yang bekerjasama dengan 140 lebih mitra dengan lebih dari 850 pilihan produk layanan tes COVID-19, baik In-Clinic maupun Drive-Thru. Sekitar 600.000 tes COVID-19 telah dipesan oleh pengguna Traveloka.

Baca juga: Traveloka hadirkan Game Farm International Championship

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022