Jakarta (ANTARA) - Juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka menangis tersedu-sedu setelah perjalanannya dihentikan Veronika Kudermetova 6-0 6-4 pada babak kedua Indian Wells, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB.

Petenis Jepang Osaka, yang berada di peringkat ke-78 dunia setelah tersingkir pada babak ketiga Australian Open, terguncang di awal set pertama ketika seseorang di antara penonton berterika, "Naomi, kau payah."

Dia tidak dapat meyakinkan wasit untuk mengambil tindakan, dan pada kedudukan 0-3 emosinya tumpah.

Osaka dengan cepat menenangkan diri dan melanjutkan pertandingan, tetapi meskipun dia meningkatkan permainannya di set kedua, dia tidak dapat meladeni Kudermetova, finalis tahun ini di Melbourne Summer Set dan di Dubai.

Baca juga: Osaka berjuang melawan angin saat hempaskan Stephens di Indian Wells

Osaka membuat kesehatan mental atlet menjadi sorotan pada 2021 di mana dia mengungkapkan dia menderita depresi.

Namun, saat berbicara di lapangan usai pertandingan, dia mengatakan bahwa dia menangis bukan karena dia merasa komentar itu menyakitkan yang membuat dia kesal, tetapi karena hal itu mengingatkannya pada Venus dan Serena Williams yang dicemooh di Indian Wells pada 2001.

"Sejujurnya saya merasa pernah dicemooh sebelumnya, itu tidak terlalu mengganggu saya," kata Osaka, dikutip dari AFP.

"Tapi, saya menonton video Venus dan Serena dicemooh di sini."

"Jika Anda belum pernah menontonnya, Anda harus menontonnya," ujarnya menambahkan, sambil menangis lagi sebelum mengucapkan selamat kepada Kudermetova atas kemenangannya dan meninggalkan lapangan.

Kudermetova, yang telah menantikan pertemuan pertama dalam kariernya dengan Osaka, mengatakan dia tidak tahu apa yang dikatakan penonton, dia hanya tahu lawannya kesal.

Baca juga: Osaka berdamai dengan dirinya sendiri jelang turnamen Indian Wells

"Saya tidak mendengar apa yang dikatakan wanita itu karena saya sangat fokus pada permainan saya, pada permainan servis saya, saya tidak mengerti apa yang dia katakan."

"Tapi setelah itu, saya melihat Naomi, dia mulai menangis. Saya tidak mengerti apa yang terjadi."

Dengan kekalahan Osaka, partai putri di turnamen lapangan keras WTA dan ATP Masters yang bergengsi itu kehilangan nama besar lainnya.

Aryna Sabalenka, nomor tiga dengan peringkat tertinggi di lapangan, tersingkir dari pertandingan pembukanya saat petenis Italia Jasmine Paolini bangkit untuk meraih kemenangan 2-6 6-3 6-3.

Sabalenka unggulan kedua dalam turnamen yang kehilangan peringkat satu dunia Ashleigh Barty dan peringkat kedua Barbora Krejcikova.

Keduanya mundur pada detik-detik terakhir. Barty mengatakan dia tidak punya waktu untuk bersiap setelah kemenangannya di Australian Open, sementara Krejcikova mundur karena cedera siku.

Baca juga: Osaka tersenyum mendekati pertarungan dengan Barty di Australian Open
Baca juga: Naomi Osaka kebanjiran dukungan setelah umumkan rehat dari tenis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022