Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A mencapai 68 persen.

"Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Seksi 1A sepanjang 5,15 km yang terhubung dari Serpong hingga Simpang Susun (SS) CBD yang terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan progres keseluruhan mencapai 68 persen," menurut keterangan tertulis dari BPJT yang diterima di Jakarta, Senin.

Pembangunan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A terbagi menjadi Seksi 1A Paket 2 sepanjang 0,95 km dengan progres konstruksi saat ini mencapai 86,31 persen.

Kemudian Seksi 1A Paket 1 dan 3 sepanjang 4,2 km dengan progres konstruksi mencapai 60,76 persen. Ditargetkan Seksi1A ini akan rampung konstruksinya pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

Pembangunan Tol Serpong - Balaraja memberikan peran penting dalam peningkatan akses konektivitas dan peningkatan perekonomian masyarakat dan pengembangan layanan logistik sekitar wilayah kawasan Jakarta, Tangerang, dan Banten yang semakin lancar.

Baca juga: Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A diharapkan dapat beroperasi tahun ini

Jalan tol ini juga nantinya akan terhubung langsung dengan akses masuk ke Tol Tangerang – Merak yang terkoneksi dengan Balaraja, serta akan mendukung pengembangan konektivitas kawasan Kota Baru Maja bahkan hingga Lebak.

Keistimewaan Tol Serpong - Balaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah Jalan Tol lainnya yaitu Tol Serpong - Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Jalan Tol Serpong - Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I (BSD–Legok) sejauh 11,3 Km, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 Km, dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 17,8 Km.

Jalan Tol Serpong - Balaraja sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor dengan nilai investasi Rp. 14,37 triliun. Direncanakan memiliki 8 Simpang Susun (SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa.

Baca juga: Kementerian PUPR berharap Tol Serbaraja tumbuhkan kawasan Balaraja

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022