Jakarta (ANTARA) - Edisi baru buku panduan restoran gourmet Michelin yang dirilis pada Rabu (9/3) menambahkan 17 restoran "Michelin Star" di Jerman tahun ini sehingga totalnya menjadi 327 restoran.

Direktur Michelin Jerman, Ralf Flinkenflügel, mengatakan bahwa penutupan restoran selama pandemi COVID-19 memberi banyak waktu kepada koki untuk menyempurnakan masakan mereka, bereksperimen dengan hidangan kreatif, dan melakukan banyak hal dengan lebih baik.

Flinkenflügel mengatakan kepada kantor berita DPA Jerman bahwa tahun lalu sangat sulit bagi pemilik restoran dan sangat menakjubkan betapa mereka menguasai semuanya.

"Ini adalah tahun rekor. Itu sangat mengejutkan kami," kata Flinkenflugel dilansir Indian Express, Senin.

Baca juga: Michelin Guide tangguhkan rekomendasi restoran di Rusia

Baca juga: Pertama kali, Michelin beri bintang pada restoran vegan


Jerman juga menambahkan restoran "bintang tiga" baru pada tahun 2022, yang merupakan peringkat tertinggi dan paling eksklusif dari Michelin.

Schanz.restaurant, yang terletak di wilayah penghasil anggur Rhineland-Palatinate dekat sungai Moselle, hanya menjadi satu dari sembilan restoran di Jerman dengan tiga bintang Michelin.

"Para pengawas memiliki satu pendapat, bahwa masakan di sini benar-benar kelas dunia. Pemilik dan koki Thomas Schanz menciptakan hidangan yang kaya akan kemahiran, kepribadian, dan ekspresi," tulis buku panduan Michelin.

Restoran bintang tiga lainnya di Jerman terletak di desa-desa terpencil di Rhineland-Palatinate dan di Saarland yang berdekatan. Ada satu di danau Tegernsee di Bavaria, dan masing-masing satu di Berlin dan Hamburg. Desa kecil Black Forest di Baiersbronn memiliki dua restoran bintang tiga.

Sebanyak 46 restoran naik peringkat untuk mendapatkan peringkat "bintang dua" pada tahun 2022. Secara total, 31 restoran baru mengklaim bintang tunggal.

Panduan Michelin, yang telah diterbitkan oleh perusahaan ban Prancis sebagai panduan perjalanan sejak 1904, dianggap sebagai salah satu buku panduan kuliner top dunia.

Menurut penerbit, inspektur internasional pergi secara anonim ke restoran untuk menilai makanan, yang merupakan satu-satunya fokus, daripada suasana restoran.

Baca juga: Restoran Slovenia dengan menu unik dapatkan bintang Michelin

Baca juga: Kata chef Michelin Star tentang masakan Indonesia

Baca juga: Bvlgari sumbang makanan berbintang Michelin untuk tenaga medis

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022