Petugas bersama warga diharapkan agar terus melakukan penyisiran untuk memastikan dampak gempa.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah memperkuat sistem mitigasi, menyusul gempa bumi yang terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara pada Senin pagi.

“Petugas bersama warga diharapkan agar terus melakukan penyisiran untuk memastikan dampak gempa,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Puan meminta petugas terkait memastikan kondisi keselamatan warga, setelah terjadinya gempa dirasakan cukup kuat di Nias Selatan hingga sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Gunungsitoli hingga di Padang dan Pariaman, Sumatera Barat, serta sejumlah wilayah lainnya.

Menurut dia, aparat juga perlu ikut membantu mengatasi kepanikan warga yang sempat terjadi akibat gempa.

Puan meminta Pemda Nias Selatan dan pemda yang berada di sekitarnya menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

“BPBD bersama tim SAR gabungan lain pun diharapkan selalu siaga. Sekali pun gempa tidak berpotensi tsunami, pemantauan harus dilakukan dan petugas harus memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menekankan pentingnya mitigasi ke depan, sehingga diharapkan Pemerintah harus selangkah lebih maju menyiapkan segala potensi terjadinya bencana.

Menurut dia, semua pihak harus mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi karena berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Nias Selatan Senin pagi tadi berada di zona megathrust sehingga mitigasi harus diperkuat.

“Kita harus melihat ini sebagai upaya dari antisipasi bahwa mempersiapkan yang terburuk lebih baik daripada kurangnya persiapan. Kita berharap tidak ada bencana yang dikhawatirkan terjadi,” katanya pula.

Puan juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar-kabar yang tidak tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dia meminta warga terus memantau perkembangan dari instansi terpercaya pemerintah dan juga harus terus bersikap waspada dan hati-hati.

Sebelumnya, dua kali gempa bumi terjadi yang berpusat di Nias Selatan, Senin pagi. Gempa pertama berkekuatan Magnitudo (M) 6,7 dan disusul M 6,0.
Baca juga: BNPB kirim tim untuk bantu penanganan dampak gempa di Nias Selatan
Baca juga: Guncangan akibat gempa di Nias Selatan dirasakan sekitar satu menit

 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022