Jakarta (ANTARA) - Media sosial berbasis audio Clubhouse merilis fitur In-Room Chat, yang dapat digunakan mulai hari ini untuk seluruh pengguna iOS dan Android.

Dikutip dari keterangan resmi pada Senin, fitur ini memungkinkan pengguna Clubhouse, dari moderator hingga pendengar, untuk berkomunikasi satu sama lain melalui teks/chat selama ruangan berlangsung.

"Dengan adanya fitur terbaru ini, sekarang Anda bisa berpartisipasi dalam suatu obrolan tanpa memiliki tekanan karena harus naik ke panggung terlebih dahulu, dan dengan bebas berkomentar atau memberikan respon berupa emoji," kata Clubhouse.

Untuk para kreator, fitur In-Room Chat ini memberikan cara komunikasi baru dengan audiens yang sedang bergabung dalam ruangan mereka dan di saat yang sama mereka juga bisa mendapatkan respon secara langsung.

"Dengan adanya fitur ini, Clubhouse berharap para Clubhousers dapat dengan mudah melakukan polling dan menerima pertanyaan dari audiens sehingga sesi diskusinya menjadi lebih interaktif," kata platform itu.

Baca juga: Clubhouse sediakan fitur baru bagikan konten

Ada pun cara kerja dari fitur ini. Pertama, kreator adalah yang memegang kendali. Kreator/Pembuat ruangan akan selalu memiliki kontrol penuh terhadap fitur chatting saat ruangan berlangsung, dan juga dapat memutuskan apakah fitur ini diaktifkan atau tidak saat mereka memulai ruangan melalui room composer.

Kreator juga dapat menghapus pesan apapun selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan tersebut berakhir dan dapat mematikan fitur chatting dalam ruangan kapan saja selama ruangan berlangsung.

Lebih lanjut, Teks bisa dihapus jika ada kesalahan penulisan. Jika Anda mengirimkan sebuah pesan dan ingin menghapusnya, Anda dapat menghapus pesan tersebut sendiri selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan berakhir.

Moderator juga bisa mengubah pengaturan. Anda dapat menunjuk moderator untuk membantu agar ruangan yang berlangsung tetap kondusif. Para moderator tersebut juga dapat menghapus pesan yang mengganggu.

Anda dapat melaporkan obrolan yang melanggar panduan Clubhouse. Jika seseorang melanggar panduan Clubhouse pada saat menggunakan fitur In-room Chat ini, maka Anda dapat melaporkannya langsung, dengan cara tekan lama pada nama mereka dan klik report atau laporkan. Lalu, Anda juga dapat menekan lama untuk memblokirnya.

Ikuti obrolan setelah ruangan selesai. Fitur ini juga akan muncul ketika seseorang mendengarkan Replays ruangan tersebut.

Jika fitur chatting ini diaktifkan, semua orang akan melihat ikon fitur ini di kiri bawah layar mereka (di sebelah ikon Share dan Clips). Anda bisa memulai obrolan dan Anda juga dapat menekan ikon ini atau menggeser ke kanan untuk mengakses obrolan dan mengomentari apa yang terjadi di ruangan tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga akan melihat jumlah pesan di sebelah ikon obrolan dan titik merah akan muncul ketika ada komentar baru yang belum Anda baca.

Baca juga: Rekomendasi tiga klub di Clubhouse untuk temani momen Valentine

Baca juga: Clubhouse catatkan pertumbuhan pengguna di akhir 2021

Baca juga: LinkedIn akan luncurkan fitur audio interaktif mirip Clubhouse

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022