Jakarta (ANTARA) - Serial Netflix Korea Selatan "Squid Game" berhasil memenangkan dua penghargaan di Critics Choice Awards 2021 sebagai serial TV non bahasa Inggris terbaik dan aktor terbaik oleh sang pemeran utama, Lee Jung-jae.

Diketahui bahwa dalam ajang tersebut, "Squid Game" bersaing dengan serial komedi Meksiko "Acapulco", drama komedi Prancis "Call My Agent!", hingga serial aksi kriminal Spanyol "Money Heist" dalam meraih penghargaan sebagai serial TV non bahasa Inggris terbaik.

Baca juga: Para pemain "Squid Game" akan hadir di Critics Choice Awards

Dengan demikian, "Squid Game" menjadi acara TV Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan di Critics Choice Awards, yang dinilai oleh 500 kritikus film dan siaran TV di Amerika Utara.

Sementara Lee Jung-jae menjadi aktor Korea Selatan kedua yang memenangkan penghargaan di ajang tersebut. Di antara semua nominasi di kategori yang dia menangkan, Lee Jung-jae merupakan satu-satunya aktor non bahasa Inggris.

"Terima kasih banyak, Critics Choice Awards dan semua orang yang mendukung 'Squid Game'. Saya tidak bisa mengungkapkan betapa senangnya perasaan yang sekarang. Terima kasih Netflix dan seluruh tim 'Squid Game'," kata Lee Jung-jae dalam pidatonya, dikutip dari Yonhap pada Senin.

Sebelumnya, Lee Jung-jae juga menerima penghargaan dari Screen Actors Guild (SAG) Awards dan Film Independent Spirit Awards berkat perannya di "Squid Game".

Sementara "Squid Game" memenangkan penghargaan kategori Breakthrough Series - Long Format di Gotham Awards pada November tahun lalu dan menerima penghargaan khusus dari American Film Institute (AFI).

Baca juga: Lee Jung Jae kembali raih penghargaan internasional

Baca juga: Sutradara dan aktor "Squid Game" raih piala di Cut Awards

Baca juga: "CODA", "Squid Game", hingga Will Smith menangi SAG Awards 2022

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022