Jakarta (ANTARA) - Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indra Gunawan mengatakan laki-laki memiliki peran dalam mewujudkan kesetaraan gender dengan mendukung perempuan untuk berkembang dan meraih kesempatan yang seluas-luasnya.

"Kalau bicara mengenai kesetaraan gender, bukan berarti kita mempertentangkan antara peran laki-laki dan perempuan, tetapi bersama memperjuangkan hak-hak kemanusiaan. Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, laki-laki memiliki peran untuk bisa berbagi ruang serta mendukung perempuan untuk berkembang dan meraih kesempatan yang seluas-luasnya," ujar Indra melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Hakikat dari kesetaraan gender adalah memastikan perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan dan akses yang sama, ikut berpartisipasi, terlibat dalam pembangunan, memperoleh manfaat dan ikut mengawasi hasil pembangunan.

Baca juga: KPPPA dorong pemerintah perhatikan partisipasi anak dalam pembangunan

Indra mengatakan Kemen PPPA telah melakukan upaya pengarusutamaan gender sejak tahun 2000 terutama kepada kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah.

"Kami meyakini upaya mewujudkan kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengubah paradigma dan pola pikir laki-laki untuk memberi ruang kepada perempuan. Upaya ini perlu kita lakukan bersama," imbuhnya.

Indra menuturkan kemajuan perempuan di tempat kerja merupakan salah satu prioritas dalam mewujudkan kesetaraan gender.

"Dengan adanya berbagai keragaman, ekuitas dan inklusi, perusahaan akan memperoleh manfaat dan benefit dari hasil upaya perwujudan kesetaraan gender. Dengan mendorong keterlibatan perempuan di perusahaan ini akan mendorong produktivitas perusahaan," papar Indra.

Menurut Indra, dunia usaha pun dapat berperan dalam memberdayakan perempuan dengan berbagai cara, termasuk menjamin terpenuhinya hak perempuan di dunia kerja, seperti cuti melahirkan, cuti keguguran, cuti menstruasi, perlindungan dari kekerasan di tempat kerja hingga memaksimalkan berbagai potensi perempuan agar mereka dapat berkembang dalam karir.

Kemen PPPA bersama dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) meluncurkan kampanye #LelakiTurutSerta dalam upaya mengajak laki-laki untuk ikut mendukung kesetaraan gender di Indonesia, terutama di tempat kerja.

Dewan Pembina IBCWE Yono Reksoprodjo sepakat bahwa laki-laki harus terlibat secara aktif dalam mempromosikan kesetaraan gender.

Menurut Yono, ketidaksetaraan gender dapat membatasi kemampuan individu dan bisnis untuk mencapai potensi penuh mereka.

"Keterlibatan dan dukungan menjadi sangat penting, termasuk laki-laki. Menurut survei, ketika laki-laki terlibat langsung dalam keberagaman gender, baik laki-laki maupun perempuan percaya bahwa perusahaan mereka dapat membuat kemajuan yang jauh lebih besar dan dapat mencapai kesetaraan gender. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemen PPPA yang turut mendukung kampanye ini untuk mencapai keberagaman dan inklusi di tempat kerja," ujar Yono.

Baca juga: KPPPA: Pelibatan perempuan cukup penting dalam pengambilan keputusan
Baca juga: KPPPA: Naiknya pelaporan kasus kekerasan pertanda baik
Baca juga: KPPPA: Setara gender faktor penting wujudkan pembangunan berkelanjutan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022