Jakarta (ANTARA) - Pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 (JAW), Lexus menghadirkan All New Lexus NX dengan pembaruan menyeluruh yang diharapkan dapat mengakomodasi pengemudi Lexus NX dengan beragam karakteristik, sejalan tagline yang dimiliki yaitu "Intuitively yours."

The All New Lexus NX yang hadir dalam tiga varian ini memiliki fitur canggih dan teknologi terkini sehingga membuat pengguna merasakan sensasi kemewahan dan kekinian ketika mengendarai kendaraan di kelas premium tersebut.

Di sela-sela acara JAW, General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma mengungkapkan bahwa "dengan bangga kami memperkenalkan The All New Lexus NX, yang bukan saja sekadar generasi kedua Compact Luxury SUV Lexus, namun The All New Lexus NX adalah langkah awal dalam membuka babak baru untuk Lexus ke depannya."

"Saya yakin model terbaru ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin tampil mempesona karena dilengkapi dengan desain, teknologi dan fitur khas Lexus yang terbaru, kata Bansar Maduma di Jakarta, Senin.
The All New Lexus NX (ANTARA/Chairul Rohman)

Tampilan luar

Untuk mengetahui lebih lanjut, Lexus menghadirkan kendaraan itu dengan berbagai keunggulan dari desain yang lebih segar. Pada tampilan luar, The All New Lexus NX hadir dengan dilengkapi three- dimensional spindle grille generasi baru, yang disempurnakan oleh 3-LED Headlights untuk memberikan kesan yang berbeda.

Pada tampak belakang, tidak lagi menyematkan logo inisial L, melainkan mengubahnya dengan tulisan LEXUS untuk menunjukkan kesan modern dan simple, juga mudah dikenali. Begitu pula dengan lampu belakang yang berubah menggunakan limitless rear lamp design khas Lexus.

Pada bagian samping, untuk mendukung karakter desain yang kuat, The All New Lexus NX juga telah dilengkapi dengan 20-inch Alloy Wheel terbaru dengan desain yang berbeda untuk tipe Luxury dan F Sport.

Bagian dalam

Pada bagian dalam, The All New Lexus NX hadir dengan konsep yang mewah dan lapang. Selain itu, pembaruan juga terasa berkat hadirnya konsep Tazuna Cockpit yang terinspirasi dari seni berkuda Jepang.

Desain kokpit baru ini dapat membantu pengemudi dalam mengoperasikan fitur kendaraan namun tetap fokus dalam berkendara, "hands on the wheel, eyes on the road."

Konsep terbaru ini terlihat pada Head-up Display (HUD) yang sudah di re-layout untuk meningkatkan forward visibility, juga Touch Tracing Switches pada kemudi yang menampilkan sentuhan pada tombol di HUD sehingga tidak memecah konsentrasi pengendaranya ketika mengemudi, serta jangkauan ke area center cluster yang lebih sederhana dan mudah.

The All New Lexus NX juga kini sudah dilengkapi dengan teknologi E-latch pertama dari Lexus, dimana fitur ini dapat memudahkan pemilik saat membuka pintu dari luar kendaraan ataupun dari dalam kabin hanya dengan satu sentuhan jari, sehingga memberikan kenyamanan maksimal.

Pada bagian interior, The All New Lexus NX ditunjang dengan kehadiran Intelligent Assistance berupa sistem Voice Command yang dilengkapi 14-inch Touch Screen Center Display.

Pengemudi cukup mengatakan "Hi, Lexus" untuk mengaktifkannya sehingga memudahkan dalam mengontrol entertainment, navigation, air conditioning serta beberapa fitur lainnya melalui suara.

Selain itu, untuk menunjang kebutuhan konsumen. Lexus menghadirkan fitur Wireless Apple Car Play dan Wire-connect Android Auto, lalu interior lighting sudah tersedia dengan berbagai pilihan warna, tidak kurang dari 14-thematic ambient color dengan total 64 kombinasi warna dapat dipilih pengemudi.

Selain itu, sound system yang digunakan pada model ini juga sudah menggunakan Mark Levinson 17-speaker.

"The All New NX di desain untuk memenuhi beragam gaya hidup pengemudi di seluruh dunia dengan pembaharuan dari kekuatan utamanya, termasuk elektrifikasi, desain, performa berkendara, dan teknologi canggih untuk meningkatkan daya tariknya," ucap Chief Engineer, Takeaki Kato melalui sambungan Zoom, Senin.

Pada segmen yang lebuh ramah lingkungan ini, yakni The All New Lexus NX 350h F Sport dan The All New Lexus NX 350h Luxury, yang merupakan NX Hybrid Electric pertama di Indonesia.

Kendaraan baru ini sudah dilengkapi dengan mesin generasi ke-4 dari Lexus Hybrid Electric Drive yang mengkombinasikan Hybrid Transaxle dan Electric Motor.

Dengan menggunakan mesin generasi ke-4 itu, kendaraan ini memiliki tenaga gabungan sebesar 240 Horsepower, dengan torsi maksimal dari mesin bakarnya adalah sebesar 239Nm dan didukung dengan torsi instan dari motor listrik sebesar 270Nm.

Kombinasi dua sumber tenaga tersebut, membuat penggunaan bahan bakar lebih optimal dan efisien. Untuk varian gas tetap tersedia melalui Lexus NX 250 Luxury yang menggunakan transmisi 8 percepatan dan menghasilkan tenaga 204 Horsepower
The All New Lexus NX (ANTARA/Chairul Rohman)

Fitur keselamatan berkendara

The All New Lexus NX cukup lengkap menghadirkan fitur keselamatan berkendara untuk para konsumennya seperti Lexus Safety System Plus generasi ketiga, dengan fitur active safety suite seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System (PCS).

Selain itu hadir juga di dalamnya Lane Tracing Assist (LTA), dan Adaptive High Beam System (AHS) yang dapat mengantisipasi kejadian dan membantu pengemudi selama dalam perjalanan.

Baca juga: Alasan Toyota hadirkan EV dari merek Lexus terlebih dahulu

Baca juga: Lexus luncurkan NX Hybrid Electric di GJAW 2022

Baca juga: Penjualan Lexus naik 106 persen, model listrik capai rekor
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022