Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev tersingkir dari ATP Indian Wells Masters setelah secara mengejutkan kalah dari Gael Monfils, Senin waktu setempat atau Selasa WIB, sehingga mengakhiri predikat nomor satu dunia pada petenis Rusia itu yang disandangnya selam tiga pekan.

Petenis peringkat 28 dunia asal Prancis itu menunjukkan penampilan klasik untuk mengalahkan Medvedev 4-6 6-3 6-1 hanya dalam waktu dua jam untuk maju ke babak keempat.

Ini pertama kalinya Monfils yang berusia 35 tahun mengalahkan petenis peringkat satu dunia sejak 2009.

Kekalahan itu berarti Novak Djokovic akan kembali ke puncak peringkat dunia, tiga pekan setelah Medvedev menempati posisi teratas pada 28 Februari.

Monflis memastikan menang dalam waktu 2 jam 6 menit setelah mengubah match point keenamnya di bawah sinar matahari yang cerah di Indian Wells Tennis Garden di gurun California.

Petenis veteran Prancis itu memukul-mukul dadanya dan menunjuk istrinya yang asal Ukraina, Elina Svitolina, di tribun usai tampil luar biasa.

Baca juga: Nadal bukukan kemenangan ke-400 ATP Masters di Indian Wells

"Saya membuat awal yang kuat untuk tahun ini, merasa kuat, bergerak dengan baik," kata Monfils seperti dikutip AFP.

"Saya berada di zona saya dan saya lawan yang tangguh bagi siapa pun. Sudah lama sejak saya mengalahkan seorang nomor satu dunia, jadi saya cukup senang."

Medvedev yang juara bertahan US Open  tampak memegang kendali setelah merebut set pertama usai mematahkan servis Monfils untuk memimpin 5-4.

Monfils melakukan break awal untuk memimpin 3-1 pada set kedua, tetapi Medvedev kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Monfils meraih set point pada gim kedelapan dengan backhand di depan garis sebelum merebut set kedua dengan servisnya.

Ketenangan Medvedev menguap pada set penentuan ketika petenis Rusia itu dinyatakan melakukan pelanggaran  karena menghancurkan raketnya.

Baca juga: Murray bersimpati untuk Naomi Osaka yang diejek di lapangan

Monfils bertahan dan kemudian melakukan double break sebelum menahan lagi untuk memimpin 4-0. Medvedev yang tertinggal berusaha merebut angka, sebelum akhirnya Monflis mengonversi 6-1.

Incar Miami Open

Sementara itu Medvedev bersumpah akan merebut kembali peringkat satu dunia di Miami Open pekan depan.

"Sekarang saya tahu saya akan kehilangannya (peringkat), jadi saya punya Miami untuk mencoba mendapatkannya kembali," kata Medvedev.

"Biasanya merasa sedikit lebih baik di Miami dalam hal tenis, jadi kami akan mencoba bermain bagus di sana."

"Ketika saya memainkan tenis terbaik saya, tenis saya yang bagus, sangat sulit  mengalahkan saya. Tapi, bagian terberat dari tenis adalah untuk mereproduksinya dari waktu ke waktu," kata dia lagi.

Baca juga: Rublev bermain dominan pertahankan kemenangan ATP di Indian Wellls

Monfils, unggulan ke-26, akan menghadapi bintang Spanyol yang sedang naik daun, Carlos Alcaraz, dalam babak keempat.

Alcaraz yang unggulan 19, melaju ke babak 16 besar setelah menang 6-2 6-0 melawan rekan senegaranya Roberto Bautista Agut yang unggulan ke-15.

Saat Medvedev tersingkir lebih awal, start tak terkalahkan bintang Spanyol Rafael Nadal sepanjang 2022 berlanjut dengan menang dua set langsung atas petenis Inggris Dan Evans.

Juara Grand Slam 21 kali itu mencatatkan kemenangan ke-17 secara beruntun tahun ini dengan kemenangan 7-5 6-3 atas unggulan ke-27 tersebut.

Baca juga: Martic singkirkan Raducanu dari Indian Wells

Nadal akan melawan Reilly Opelka atau Denis Shapovalov pada babak 16 besar.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022