Mendapatkan pengakuan internasional lewat lembaga pemeringkatan telah menjadi impian UMSU sejak 10 tahun lalu
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan internasional "QS Stars World University Rankings".

Rektor UMSU Prof Dr Agussani, MAP, di Medan, Selasa menjelaskan pencapaian membanggakan itu ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing pimpinan fakultas, direktur pascasarjana dan badan pembina harian pada syukuran yang digelar secara langsung di Auditorium UMSU  di Jalan Kapten Muchtar Basri No.3 Kota Medan, Senin (14/3).

QS World University Ranking merupakan pemeringkatan universitas tingkat dunia yang cukup terkenal, salah satu programnya adalah QS Stars.

Melalui program tersebut UMSU berhasil meraih skor 699 sehingga mendapatkan bintang 4, dan jika meraih skor 700 akan mencapai bintang 5.

Diraihnya skor tersebut, katanya,  karena QS menilai 8 komponen yang menjadi penentu pemeringkatan berhasil dilewati. Di antaranya, UMSU mendapat bintang 5 untuk sistem pengajaran, fasilitas, perkembangan akademik. ketergunaan, tanggung jawab sosial dan keterbukaan.

Sementara itu untuk internasionalisasi mendapatkan bintang 2 dan kedokteran meraih bintang 4. Komponen tersebut diukur dengan standar global oleh reviews dunia.

Rektor menjelaskan bahwa mendapatkan pengakuan internasional lewat lembaga pemeringkatan telah menjadi impian UMSU sejak 10 tahun lalu.

Baca juga: Masuk 100 terbaik se-Indonesia, UMSU peringkat satu PTS di Sumatera

Baca juga: Tanda tangani MoU, UMSU-MARDI Malaysia kerja sama penelitian pertanian



Pihaknya menjadikan program internasionalisasi kampus sebagai target capaian di tahun 2033. Bintang 4 yang diberikan QS menjadi bukti komitmen UMSU menjadi universitas berkualitas kelas dunia.

“Alhamdulillah, atas capaian ini tentu kita bersyukur. Saya masih ingat kira-kira 10 tahun lalu, pada saat itu kita bertekad mencoba untuk masuk di QS Ranking. Alhamdulillah apa yang diseriuskan membuahkan hasil,” katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh lini universitas yang terlibat karena tanpa solidaritas dan komitmen bersama, pencapaian tersebut tidak bisa tercapai.

Tidak hanya itu, Agussani mengatakan memasuki QS tidak hanya berdasarkan penilaian kriteria saja, namun juga kemampuan finansial untuk bergabung dengan universitas kelas dunia.

Sebelumnya, Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto, M.Si yang ditunjuk menjadi koordinator QS stars menjelaskan bahwa proses pemeringkatan telah dilakukan sejak 17 November 2021 dengan proses yang sangat luar biasa.

Menghadapi "reviewers" dunia dari Singapura, India, Cina, dan negara lainnya tentu tidak mudah.

"Dalam penyiapan dokumennya sangat luar biasa karena begitu rincinya reviewer. Kita berharap semoga ke depan, apabila program ini terus berjalan, maka kita dapat memperbaiki dan memaksimalkan data yang ada. Potret riset harus dikembangkan dan menjadi PR besar untuk kita," katanya.

Peresmian dilanjutkan dengan menyerahkan sertifikat QS Star kepada seluruh pimpinan fakultas dan pascasarjana UMSU. Prosesi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika UMSU guna mengejar "world university rankings" di Tahun 2033, demikian Rudianto.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut masuk 50 PT Islam terbaik dunia

Baca juga: Rektor lUMSU lepas mahasiswa Fakultas Kedokteran ke Irlandia

Baca juga: UKM Tari UMSU juara di Italia

Baca juga: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumut raih dua HAKI Kemenkumham





 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022