Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (PP Pordasi) merilis kalender kejuaraan pacuan yang bakal bergulir sepanjang tahun 2022.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano mengatakan seluruh kegiatan yang akan bergulir merupakan bagian untuk menindaklanjuti hasil rapat kerja nasional (Rakernas) Pordasi tahun 2022 di Palembang, Sumatera Selatan, 19-20 Februari.

Sedikitnya Pordasi bakal menyelenggarakan enam ajang pacuan kuda. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan program pembinaan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sematera Utara pada 2024.

Adapun agenda terdekat adalah ajang Piala Tiga Mahkota/Triple Crown. Sesuai namanya, terdapat tiga seri dan semuanya berlangsung di Coban Joyo, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Jawa Timur jadi tuan rumah Kejurnas Equestrian dan Pacuan 2022

Seri pertama bakal bergulir pada 27 Maret. Kemudian seri kedua berlangsung pada 21-22 Mei dan pada waktu yang sama juga akan berlangsung event Pertiwi Cup 2022.

"Piala Tiga Mahkota tidak dapat dipisahkan dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda, karena seri ketiga yang menentukan peraih dari Piala Tiga Mahkota merupakan seri pertama dari Kejurnas Pacuan Kuda pada 11 Juli," ujar Triwatty.

Adapun Final Kejurnas seri I, lanjut Triwatty, akan berlangsung pada 27 Juli. Setelah itu, Pordasi akan melanjutkan Kejurnas seri II dengan babak penyisihan pada 28 September dan final pada 12 Oktober.

Kejurnas Pacuan Kuda sangat dinantikan karena dalam dua tahun terakhir tak terselenggara karena pandemi COVID-19. Tahun ini, Pordasi juga telah menunjuk Ketua Komisi Pacu baru yakni Samwil yang merupakan anggota DPRD Jawa Timur menggantikan Harsoyo.

"Saya berharap, dengan adanya Bapak Samwil selaku Ketua Komisi Pacu PP Pordasi definitif, seluruh program pembinaan olahraga prestasi berkuda, khusus pacuan kuda dapat terealisasi dengan baik," ujar Triwatty.

"Rangkaian kompetisi disepakati agar prestasi atlet makin hari makin baik, terlebih olahraga berkuda akan dipertandingkan pada PON XXI/2024. Keluarga besar Pordasi dan masyarakat olahraga berkuda harus turut menyukseskan PON mendatang secara prestasi dan juga penyelenggaraan. Sejak saat ini, kami persiapkan semuanya dengan matang," ujar Triwatty.

Baca juga: PP Pordasi temui Menpora sampaikan persiapan tahun 2022
Baca juga: Tim berkuda DNV Equestrian siap hadapi kompetisi musim 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022