Jakarta (ANTARA) -
Toyota Motor Corp mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengurangan produksi tambahan pada bulan Maret karena kekurangan chip semikonduktor.

Hal tersebut dilakukan beberapa hari setelah produsen mobil Jepang tersebut mengurangi target produksi domestiknya sebanyak 20 persen. untuk kuartal April-Juni.

Baca juga: Xiaomi ungkap tantangan dan strategi hadapi krisis chip
 
Dikutip dari Reuters, Rabu, Toyota mengatakan akan menangguhkan produksi pada satu lini di pabrik selama delapan hari kerja mulai 22 Maret hingga akhir bulan. Itu selain penangguhan produksi dalam negeri di dua pabrik yang diumumkan bulan lalu.

Produksi sekitar 14.000 minivan Noah dan Voxy akan terpengaruh oleh penangguhan terbaru, kata juru bicara Toyota.
 
Pekan lalu, Toyota mengatakan akan menurunkan produksi selama tiga bulan mulai April untuk mengurangi tekanan pada pemasok, yang berjuang dengan kekurangan chip dan suku cadang lainnya.

Berita tersebut mengikuti pengumuman Toyota bahwa mereka akan menghentikan produksi di pabrik patungan dengan FAW Group di kota Changchun, China, karena pembatasan COVID-19.

Meskipun ada pemotongan, Toyota akan mempertahankan target produksi 8,5 juta kendaraan untuk tahun ini, kata juru bicara tersebut.
 
Kekurangan chip global telah menjangkiti perusahaan dari pembuat smartphone, perusahaan elektronik, hingga pembuat mobil, memaksa perusahaan termasuk Toyota untuk berulang kali memangkas produksi bahkan ketika biaya bahan baku meningkat.
 
Pembuat kendaraan listrik Amerika Serikat Rivian Automotive memperingatkan bahwa masalah rantai pasokan dapat memaksa mereka untuk memangkas produksi yang direncanakan hingga setengahnya tahun ini.
 
Pembuat mobil Jerman Volkswagen mengatakan bahwa mereka menjual 2 juta mobil lebih sedikit dari yang direncanakan tahun lalu karena krisis chip dan memperingatkan bahwa kemacetan pasokan yang sedang berlangsung, harga komoditas yang tinggi, dan konflik Rusia-Ukraina dapat memukul pertumbuhan pada tahun 2022.
 
Toyota, Volkswagen, dan pembuat mobil lainnya telah menghentikan produksi di pabrik Rusia karena gangguan rantai pasokan setelah negara itu menginvasi Ukraina.
 
Saham Toyota ditutup naik 2,14 persen pada Selasa, sementara benchmark Tokyo Nikkei 225 ditutup naik 0,15 persen.


Baca juga: Ford Explorer dijual tanpa "chip" AC imbas krisis semikonduktor

Baca juga: Toyota potong produksi tiga bulan kurangi ketegangan pada pemasok

Baca juga: Gaikindo harap krisis semikonduktor tak pengaruhi produksi mobil
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022