direncanakan sejak tahun 2018
Jakarta (ANTARA) -
Pemprov DKI Jakarta menargetkan bisa memenuhi sendiri lima persen kebutuhan sayur dan buah pada 2030 sesuai dengan rancangan besar (grand design) pertanian di Jakarta.
 
"Dengan itu, suatu ketika sesuai dengan grand design pertanian kita akan mampu memenuhi lima persen dari kebutuhan sayur dan buah-buahan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam talkshow yang disiarkan akun YouTube Pemprov DKI, Rabu.
 
Langkah untuk mencapai itu, kata Suharini, salah satunya adalah dengan menanami 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta dengan tanaman hortikultura seperti buah dan sayur.
 
"Grand design pertanian ini diharapkan selesai 2030, salah satu isinya adalah 30 persen ruang terbuka hijau akan ditanami tanaman-tanaman hortikultura. Tanaman hortikultura di antaranya sayur-sayuran dan buah-buahan," ucap dia.
 
Suharini menyatakan program "grand design" pertanian perkotaan Jakarta itu direncanakan sejak tahun 2018 dan berjalan secara bertahap, hingga akhirnya diharapkan bisa mengurangi ketergantungan Jakarta atas kebutuhan sayur dan buah-buahan yang selama ini dipasok dari luar Jakarta.
 
Selain itu, dia juga menyebut bahwa dengan langkah ini, nantinya juga akan turut menambah produksi oksigen di Jakarta yang semakin baik.
 
"Jangan kaget kalau kemudian ada kupu-kupu di rumah kita, ada suara-suara burung di sekitar kita, artinya udara lingkungan kita semakin membaik," ucap dia.
Baca juga: Kelompok tani di Kalideres produksi 200 beras kemasan dalam sehari
Baca juga: Wali Kota Jaksel berharap kelurahan maksimalkan pertanian perkotaan
Baca juga: Anies panen melon di Agro Edu Wisata Cilangkap

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022