Chicago (ANTARA News/AFP) - Pesepakbola nasional Amerika Serikat (AS) di posisi pemain tengah, Jose Torres, menjalani operasi untuk memperbaiki tulang yang patah pada bagian kaki kirinya, Rabu, dan akan absen sedikitnya selama dua bulan, demikian pengumuman US Soccer.

Klub Torres di Meksiko, Pachuca, menyiapkan jadwal kembalinya pemain berusia 23 tahun asal Texas itu setelah operasi pada metatarsal kiri kelimanya.

Pelatih baru tim AS, Jurgen Klinsmann, masih mengejar kemenangan pertamanya sejak memegang jabatan tersebut. Mantan pemain dan pelatih tim nasional Jerman tersebut sudah menurunkan Torres sebagai pemain pembuka dalam seluruh ketiga pertandingan AS sejak ia mengambil alih tim tersebut pada 29 Juli 2011.

Kehilangan Torres terjadi sehari setelah pemain tengah AS, Stuart Holden, kembali ke jajaran pemain Bolton ketika menang 2-0 melawan Aston Villa. Holden absen selama enam bulan karena cedera lutut setelah dijegal pemain Manchester United Jonny Evans.

Klinsmann akan memimpin tim Amerika dalam dua lagi pertandingan persahabatan di kandang melawan tim-tim Piala Dunia 2010 bulan depan, menghadapi Honduras pada 8 Oktober di Miami dan Ekuador pada 11 Oktober di Harrison, New Jersey, sambil mengevaluasi bakat-bakat menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada 2012.

"Kami ingin membiarkan tim dengan sebanyak mungkin gaya, dan kami tahu kualitas Ekuador," kata Klinsmann.

Tim Amerika mempunyai rekor 2-4-4 melawan Ekuador, tetapi telah memenangi dua pertemuan terakhir, yang terakhir menang 3-1 di Tampa pada 2007. Timnas AS mempunyai rekor 11-3-3 sepanjang waktu melawan Honduras.

Di bawah asuhan Klinsmann, tim AS bermain imbang 1-1 dengan Meksiko bulan lalu di Philadelphia, kalah 0-1 dari Kosta Rika di Los Angeles awal bulan ini dan kalah 0-1 dari Belgia di Brussels pada 6 September.
(Uu.F005/A023)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011