Jakarta (ANTARA) - Kencan daring telah menjadi hal umum dalam beberapa tahun terakhir khususnya untuk membuka koneksi dan tempat mencari pasangan.

Tidak hanya pria, wanita juga bisa mengambil langkah yang proaktif untuk menjalin koneksi yang lebih bermakna dalam kencan daring.

Tinder sebagai salah satu platform kencan daring yang ada di Indonesia, membagikan panduan persiapan berkencan daring untuk para wanita agar bisa terhubung dengan koneksinya yang tepat dan membawa hal positif dalam menjalani aktivitas sehari- hari.

Mengutip siaran pers Tinder, Kamis, berikut beberapa panduan yang disarankan oleh Pakar Hubungan Inez Kristianti agar wanita bisa lebih siap menjalani kencan daring.

Pertama, sebelum melakukan kencan daring pastikan anda sudah menemukan kebahagiaan dari dalam diri anda.

“Jangan menggantungkan kebahagiaanmu pada respon orang”, ujar Inez.

Baca juga: Fakta menarik dari "Love is Blind: Japan"

Baca juga: Tips membangun hubungan dengan orang baru


Memperlihatkan keanggunan sebagai seorang perempuan dengan perawatan diri adalah bagian dari menemukan kebahagiaan dalam menciptakan hubungan yang bermakna.

Anda pun perlu melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri bahagia dan puas karena itu merupakan cara membangun kecantikan dari dalam diri.

Jangan sampai menunda kebahagiaan demi orang lain, dan selalu menjadi dirimu sendiri.

Lewat Tinder, anda bisa menemukan orang yang memiliki bakat dan minat yang sama lewat "Tinder Explore". Setelah berbagi hal- hal yang menarik untuk anda, anda juga bisa menemukan orang- orang dengan minat dan bakat yang sama.

Tentunya itu mempermudah anda mencari koneksi yang memiliki visi dan pemikiran serupa sehingga kencan daring yang terjalin nantinya akan semakin menyenangkan.

Langkah kedua adalah jangan cepat puas dengan hal- hal yang anda anggap kurang.

Ingat bahwa anda selalu memiliki kendali penuh atas hidupmu sendiri, dan tentunya hal itu berlaku juga pada keputusan untuk membuat kebahagiaanmu.

Tentukan apa yang terbaik dan cocok untuk anda dan jangan puas dengan sesuatu yang kamu rasa kurang.

“Kamu pantas diperlakukan dengan layak.”, tambah Inez.

Jika ternyata anda tidak berhasil di kencan pertama, maka jangan putus asa dan menerima begitu saja baiknya mencoba kembali hingga akhirnya mendapatkan koneksi yang satu frekuensi.

Ketiga ambil kendali dan tidak cuma menjadi pengikut. Artinya ketika ada pengguna lain yang "match" dengan anda di aplikasi kencan daring maka tak ada salahnya untuk anda memulai percakapan terlebih dahulu.

Hentikan stereotip bahwa wanita harus menunggu pria, mulailah proaktif agar kencan daringmu bisa berjalan dengan sukses.

“Gak perlu malu chat duluan!” saran Inez. Mengirim percakapan terlebih dahulu merupakan langkah agar anda juga bisa memiliki kendali atas relasi tersebut.

Tentunya itu dapat menjadi potensi yang menjanjikan jika ternyata hubungan itu berlanjut dengan mulus.

Panduan terakhir dan menjadi yang terpenting yaitu bangga dan percaya dengan diri sendiri akan membantu kesuksesan kencan daring anda.

Sangat wajar jika anda ingin menampilkan diri yang terbaik saat menjalani hubungan.

Jangan takut untuk menunjukkan karakteristik asli anda, karena dengan demikian anda bisa menarik orang- orang yang sesuai dengan sifat dan juga karakteristik anda.

Jika anda justru menyembunyikannya, maka artinya anda sedang meyabotase kencan dan hal itu akan terasa tidak menyenangkan.

Tinder baru mengeluarkan fitur baru yang tersedia di "Explore" yaitu "Obrolan Singkat: Kencan Buta" dan dapat menjadi pengalaman sosial baru yang mempertemukan anggota sebelum mengizinkan mereka untuk melihat profil satu sama lain.

Dengan begitu pengguna bisa menciptakan kesan pertama melalui percakapan bermakna tidak hanya lewat foto profil.

Fitur ini dirancang untuk membantu anggota terhubung lebih cepat melalui permainan dan cara yang menyenangkan serta inovatif. Anggota hanya dapat melihat profil dan foto satu sama lain jika mereka berdua memutuskan untuk match karena cocok setelah mengobrol.

Dengan begitu, tekanan untuk swiping di awal berdasarkan penampilan dapat dihindari.

Baca juga: Tips bangun koneksi di awal tahun

Baca juga: Rekomendasi tayangan untuk Valentine yang tidak biasa

Baca juga: Tinder tambahkan fitur kencan buta


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022