Jakarta (ANTARA) - Enseval dari Kalbe Group telah mengembangkan Electronic Mobile Order System (EMOS) miliknya menggunakan teknologi Amazon Web Service (AWS).

"Kami dapat mengembangkan layanan-layanan digital baru di AWS dengan kecepatan tinggi. Produk kesehatan menjadi lebih mudah diakses, sehingga akses kesehatan masyarakat pun semakin baik," ujar Timotius Samanuli selaku Direktur EMOS saat diskusi daring, Kamis.

"Dengan menjalankan platform distribusi EMOS kami di cloud terkemuka dunia, kami dapat menikmati manfaat kelincahan dan stabilitas yang memampukan kami untuk meningkatkan ketersediaan produk-produk kesehatan serta memajukan kesehatan masyarakat. Terlebih dengan AWS, kami juga dapat menyediakan pengalaman transaksi yang lebih cepat dan mulus bagi pelanggan kami," lanjutnya.

Baca juga: Kalbe tingkatkan produksi kit RT LAMP Saliva 2 juta unit per bulan

EMOS memungkinkan usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti apotek dan rumah sakit untuk memesan berbagai produk melalui sebuah marketplace digital. Dalam marketplace ini, terdapat sistem pengelolaan pemesanan, platform pemasaran yang terintegrasi, sistem pembayaran nontunai, dan program loyalitas digital.

PT Emos Global Digital menskalakan beban kerja EMOS secara otomatis dengan solusi Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) agar mampu melayani permintaan yang meningkat drastis di waktu-waktu puncak seperti akhir bulan atau saat dilakukan promosi.

"Enseval menggandeng AWS untuk melaksanakan visinya yakni menjadi distributor layanan kesehatan nomor satu di Indonesia," kata Gunawan Susanto selaku Country Manager AWS.

"Berkat kapasitas AWS, platform EMOS milik Enseval dapat berinovasi dan menskalakan layanan e-commerce-nya ketika dibutuhkan. Hasilnya, produk kesehatan tiba lebih cepat dan pelayanan pelanggan juga terus ditingkatkan," tutupnya.

Baca juga: Kalbe Farma adakan vaksinasi COVID-19 untuk pasien kanker dan autoimun

Baca juga: Obat COVID-19 Movfor mulai dipasarkan

Baca juga: Kalbe klaim metode tes air liur yang lebih akurat dari tes antigen

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022