Bogor (ANTARA News) - Seorang pekerja pembuatan "septic tank" menemukan sebuah benda besi berkarat yang diduga granat di salah satu rumah warga di Kelurahan Sempur nomor 24 RT07/RW04 Kecamatan Bogor Tengah, Jumat.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, saat granat pertama kali diketahui oleh Zulkifli Zain (55) pemilik rumah.

"Saya dapat laporan pembuat `septic tank`, saat dia menggali tanah tiba-tiba dia menemukan benda keras di dalam tanah. Saat kita gali, ternyata besi berkarat dan bentuknya menyerupai granat," kata Zulkifli.

Benda mencurigakan tersebut lalu dikeluarkan dari dalam tanah dan dibawa keluar.

Karena khawatir benda mencurigakan tersebut meledak, Zulkifli pun melaporkan penemuan tersebut kepada petugas Kepolisian Sektor Bogor Tengah.

Penemuan benda mencurigakan tersebut menimbulkan perhatian warga yang langsung berbondong-bondong melihat benda tersebut.

Saat ini benda yang dicurigai granat tersebut masih tergeletak di pinggir Jalan Sudirman dekat Kodim 0606 Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kapolsek Bogor Tengah Komisaris Polisi (Kompol) Christian Budhiono mengatakan, granat yang ditemukan di rumah Zulkifli berjenis granat nanas.

Saat ini pihaknya sedang mengkoordinasikan dengan tim gegana Brimob Kedung Halang untuk memeriksa kondisi granat.

"Kita tidak mau mengambil risiko siapa tahu (granat) ini masih aktif. Jadi kita koordinasi dengan tim gegana Brimob Kedung Halang untuk memeriksa kondisinya," kata Kapolsek.

Hingga berita ini dilaporkan pukul 11.40 WIB, petugas masih menunggu tim gegana Brimob Kedung Halang datang, sementara jalan Sudirman terlihat macet karena banyaknya warga yang melihat.

(KR-LR/A035)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011