Anggota dewan itu harus berani membantu warga tidak mampu
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth menilai anggota dewan sepatutnya harus sudah purna dari segi ekonomi dan harus berani membantu warga yang kesulitan.

"Saya menjadi anggota dewan lebih kepada pengabdian masyarakat. Sepatutnya anggota dewan itu sudah bebas dari kepentingan ekonomi dan harus berani membantu warga tidak mampu," kata Kenneth dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Politisi PDI Perjuangan itu mencontohkan dirinya sendiri, yang memberikan bantuan pembangunan kembali rumah seorang warga tidak mampu, bernama Ellan, yang menjadi salah satu korban kebakaran di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, pada 18 April 2021.

Menurut Kenneth, besar atau kecil harta yang dimiliki seorang anggota dewan itu relatif. "Jika kita bisa bersyukur dengan apa yang dimiliki, kemudian berani menolong orang lain dengan tulus dan ikhlas, bisa menjadi salah satu ladang pengabdian," katanya.

Anggota Komisi D DPRD DKI itu menuturkan, pemberian bantuan kepada Ellan itu berawal dari dirinya mendapat kabar bahwa kebakaran di Jalan Keadilan Dalam II Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, pada Minggu, 18 April 2021, menyebabkan 112 rumah hangus terbakar dan penghuninya kehilangan tempat tinggal.

"Dari laporan yang saya terima, warga korban kebakaran itu sudah membangun kembali rumahnya secara mandiri, hanya Ellan yang belum membangun lagi karena kesulitan biaya," katanya.

Dengan pertimbangan tersebut, Kenneth mendatangi rumah Ellan untuk melihat kondisinya dan langsung menindaklanjutinya dengan memberikan bantuan untuk membangun kembali rumah warga tersebut.

Pembangunan kembali rumah Ellan sudah selesai dan pada Kamis hari ini, Kennet datang lagi untuk menyerahkan kunci rumah.

"Saya bersyukur bisa membantu warga tidak mampu yang rumahnya terbakar. Hari ini saya menyerahkan kucinya kepada Pak Ellan. Saya berharap rumah ini bisa menjadi berkah buat Pak Ellan dan keluarganya," ucapnya.

Kenneth menjelaskan, motivasinya membantu keluarga Ellan, berdasarkan prinsip bahwa, "Orang sukses selalu mencari kesempatan untuk membantu orang lain. Sebaliknya, orang yang tidak berhasil selalu bertanya, apa untungnya bagi saya?," kata Ketua IKAL PPRA LXII Lemhannas RI tersebut.

Baca juga: Kenneth ingatkan Anies segera laksanakan normalisasi Ciliwung
Baca juga: Puluhan rumah terbakar di Taman Sari Jakarta
Baca juga: Dinas Sosial DKI gelar permainan di lokasi korban kebakaran Taman Sari

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022