Jakarta (ANTARA News) - Irak akan menggelar laga kandang Pra Piala Dunia 2014 dan Kualifikasi Olimpiade 2012 di tempat netral menyusul larangan asosiasi federasi sepakbola internasional (FIFA) untuk bermain di wilayah Irak, demikian keterangan situs resmi konfederasi sepakbola Asia (AFC), Jumat.

Dalam surat yang dikirimkan ke Asosiasi Sepak Bola Irak, FIFA memperhatikan masalah keamanan terkait pertandingan Irak melawan Jordania yang telah berlangsung pada 2 September lalu di Stadion Franco Hariri, dan laporan resmi menekankan dengan jelas bahwa persyaratan yang diatur dalam artikel 20 paragraf 1 soal aturan Piala Dunia 2014 Brasil tidak dipatuhi serta terbukti rencana keamanan yang dibuat panitia lokal tidak memenuhi syarat struktural, teknis, dan operasional sesuai Peraturan Keamanan FIFA.

Dalam surat tersebut menegaskan bahwa pertandingan Pra Piala Dunia 2014 dan Kualifikasi Olimpiade 2012 harus tetap digelar hingga pemberitahuan selanjutnya dan seluruh laga kandang Irak harus dipindahkan ke tempat netral.

Irak harus memberitahukan tempat netral untuk Pra Piala Dunia 2014 hingga 1 Oktober dan Kualifikasi Olimpiade 2012 paling lambat 3 Oktober 2011.

Tempat pertandingan itu tidak boleh berlokasi di salah satu negara-negara lawan Irak.

Irak sementara bertengger di posisi ketiga klasemen grup A Pra Piala Dunia zona Asia dengan tiga poin dari dua laga, tiga poin di bawah Jordania dan terpaut selisih gol dengan China.

Singapura harus puas di posisi buncit klasemen. Irak akan bertemu China dalam partai tandang pada 11 Oktober mendatang.

Sedangkan, di Kualifikasi Olimpiade, Irak kalah 0-2 dari Uzbekistan di laga perdana grup B pada 21 September lalu.

Laga selanjutnya, Irak akan menjamu Australia pada 23 November di tempat netral. Sementara Uni Emirat Arab menempati urutan keempat di grup ini. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011