Jakarta (ANTARA) - Lebih dari sepertiga (39 persen) orang Indonesia rata-rata hobi menikmati kopi setiap hari, dengan 64 persen di antaranya menghabiskan satu gelas kopi setiap harinya, demikian hasil survei HonestDoc pada 2019.

Sementara sebagian lain, sebagian besar responden pria (21 persen) mampu menghabiskan 2 hingga 3 gelas kopi sehari.

Seiring meningkatnya kebiasaan minum kopi, Indonesia telah melalui premiumisasi kopi, dengan banyak tersedia kopi-kopi premium seperti kopi Toraja, Kintamani, Gayo, dan banyak lainnya.

Jika dulu kopi cukup dinikmati dengan membuat sendiri di rumah, kini para penikmat kopi rela datang ke kedai dan kafe, biasanya sambil bersantai, bercengkrama, dan bekerja.

Berkembangnya tren itu pun membuat kebutuhan akan barista profesional yang meningkat. Sebagai peracik dan pengolah, barista punya peran yang penting untuk menentukan tingkat kenikmatan kopi yang disajikan.

Baca juga: Kopi pakai air kelapa, potensi menu unik kopi Jayapura

Karena itu, pemilik kedai kopi dan kafe di Indonesia pun berlomba-lomba menyeleksi barista terbaik, sedangkan di sisi lain banyak juga yang menginginkan profesi ini.

"Selama manusia masih meminum kopi, profesi barista akan terus dibutuhkan. Jadi, jangan takut untuk mengambil langkah dan menyelami sektor bisnis yang akan terus berkembang ini," kata Doddy Pancawinata, trainer kursus di ZenPro yang juga salah seorang barista terbaik di Indonesia. Ia menjuarai ajang Indonesia Barista Championship dan Asia Barista Championship.

Bagai gayung bersambut, kini ada banyak pelatihan barista yang tersedia secara gratis, seperti yang ditawarkan ZenPro melalui Program Kartu Prakerja.

Sebagai platform pembelajaran dari Zenius, ZenPro menyediakan kurikulum yang tepat sasaran, praktis, dan komprehensif untuk melatih siapa saja yang tertarik menambah skill di dunia peracikan kopi.

Untuk mengikuti kursus pelatihan barista secara gratis melalui program PraKerja, pengguna bisa membuat akun ZenPro melalui aplikasi Android atau website ZenPro. Setelah itu, pengguna bisa memilih kelas pelatihan yang ingin diikuti, serta mitra digital platform untuk memproses kelas pelatihan di ZenPro.

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022