Harapan ke depan, seluruh Kios Komersil Pupuk Indonesia yang berada di bawah binaan Mega Eltra dapat terlaksana dan berjalan dengan baik serta memberikan manfaat bagi para petani
Jakarta (ANTARA) - PT Mega Eltra, perusahaan perdagangan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), mendukung program Kios Komersil dengan menerapkan sistem
Retail Management System (RMS) yang saat ini sedang dikembangkan dan diuji coba oleh holding Pupuk Indonesia di berbagai daerah.

"Mega Eltra saat ini sedang mempersiapkan lokasi Kios Komersil dengan memanfaatkan wilayah kantor-kantor cabang yang dimiliki oleh Mega Eltra,” kata Direktur Komersil dan Operasi PT Mega Eltra Indrajaya dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penggunaan RMS di Kios Komersil bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses penjualan pupuk ritel komersil.

Ke depan, sistem ini juga dapat digunakan menjadi aplikasi untuk penebusan pupuk bersubsidi lantaran sistem RMS memiliki fitur point of sales yang terintegrasi.

Untuk tahap awal, lanjut Indrajaya, program ini akan menyasar kios di wilayah cabang-cabang Mega Eltra di Sumatera dengan total sebanyak sembilan kios dimulai dari cabang Pekanbaru, Provinsi Riau.

Adapun persiapan yang telah dilakukan adalah survei lokasi yang melibatkan Tim Retail Management (RM) holding Pupuk Indonesia, kemudian akan dilanjutkan dengan merenovasi tempat kios dimana desain tampilan kios menggunakan desain Kios Komersil dari Pupuk Indonesia.

Selain mempermudah proses penjualan pupuk, Kios Komersil ini juga dibuat untuk
memperkenalkan dan mempermudah masyarakat atau petani yang ada di sekitar wilayah cabang Mega Eltra untuk mendapatkan informasi mengenai produk pupuk yang diproduksi oleh Pupuk Indonesia Grup.

Tidak hanya pupuk, petani juga dapat mengetahui produk sarana produksi pertanian lainnya seperti benih, pestisida, hingga alat-alat pertanian.

Ke depannya, kata Indrajaya, Mega Eltra juga merencanakan agar Kios Komersil tersebut dapat menjadi sarana edukasi dan informasi bagi para petani dengan memberikan pelayanan agronomis seputar
pertanian.

“Harapan ke depan, seluruh Kios Komersil Pupuk Indonesia yang berada di bawah binaan Mega Eltra dapat terlaksana dan berjalan dengan baik serta memberikan manfaat bagi para petani,” kata Indrajaya.

Retail Management (RM) adalah program inisiatif dari Pupuk Indonesia untuk memudahkan petani dalam memenuhi kebutuhan pertaniannya. Melalui program ini, Pupuk Indonesia akan menjadi perusahaan yang semakin berorientasi pada pelanggan.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memudahkan akses petani terhadap
produk-produk Pupuk Indonesia group melalui penguatan kemitraan dengan distributor dan kios.

Dalam program ini, kios-kios pupuk mulai menerapkan aplikasi digital RMS. Pupuk Indonesia kemudian dapat mempelajari analisa data yang mampu meningkatkan pemahaman terhadap perilaku dan kebutuhan petani.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga dapat memperluas pangsa pasar produk ritel yang selama ini belum tergarap secara optimal.

Baca juga: Mega Eltra tuntaskan pengiriman pupuk KCl ke PTPN Grup
Baca juga: Mega Eltra usulkan digitalisasi penyaluran pupuk untuk atasi mafia
Baca juga: Mega Eltra catat peningkatan kinerja di akhir tahun

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022