Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan konektivitas transportasi sangat penting disiapkan menjelang ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Karena interconnectivity dari wisatawan ini sangat penting, mereka tidak boleh menunggu terlalu lama. Kerja sama dengan Kementerian Perhubungan ini tentunya menjadi salah satu terobosan yang sangat baik," kata Sandiaga saat mengunjungi Bandara Internasional Lombok, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah menghadirkan bus shuttle gratis sebagai sarana angkutan penonton MotoGP dari Bandara Internasional Lombok ke Sirkuit Mandalika.

Titik penjemputan bus shuttle tersebut juga tersebar di sejumlah titik. Antara lain di Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat, eks Bandara Selaparang di Kota Mataram, dan di Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur.

Berbagai bus shuttle ini akan beroperasi secara dua shift, yakni mulai pukul 06.30-12.00 WITA dengan rute dari titik penjemputan ke Sirkuit Mandalika dan pukul 16.00-22.00 WITA dari Sirkuit Mandalika menuju titik-titik awal penjemputan.

Sebagai salah satu perusahaan transportasi daring, Grab Indonesia menghadirkan pula lounge sebagai sarana mempermudah wisatawan menuju destinasi tujuan para wisatawan.

"Ini kolaborasi yang menurut kami sangat apik, ciamik, dan epik dalam menyambut pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022," ungkap dia.

Menparekraf juga meninjau konten Tourism Helpdesk yang disiapkan oleh Poltekpar Pariwisata (Poltekpar) Lombok.

Salah satu mahasiswi Poltekpar Lombok yang bertugas di Tourism Helpdesk, Lola, mengemukakan bahwa dirinya bersama sejumlah mahasiswa lain bertugas untuk memberikan informasi kepada wisatawan terkait ajang MotoGP 2022, tradisi, budaya, dan destinasi wisata di Lombak.

Selain itu juga memfasilitasi berbagai pengaduan dan keluhan wisatawan ke costumer service (layanan pelanggan) dan pihak berwajib.

"Kami juga membantu validasi kelayakan terbang wisatawan di aplikasi PeduliLindungi," ucap Lola.

Baca juga: Jelang MotoGP 2022, Sandi: Ribuan kamar masih tersedia bagi wisatawan

Baca juga: Sandi: Ketersediaan akomodasi wisatawan di ajang MotoGP jadi prioritas


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022