Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyalarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap Turnamen Golf Borobudur Merapi pada tanggal 22—23 Maret 2022 di Yogyakarta mampu mendongkrak kunjungan wisata di wilayahnya.

"Turnamen Golf Borobudur Merapi dapat menjadi event untuk wisatawan khususnya golfer dengan harapan mereka mempunyai kemauan berwisata sekaligus melakukan permainan golf di lain tempat," kata Sri Sultan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat.

Selain pariwisata, Sultan juga berharap Turnamen Golf Borobudur Merapi 2022 dengan tema Creative Economy dapat membangkitkan dan mengenalkan produk-produk UMKM DIY dan Jateng kepada golfer yang datang dari seluruh Indonesia.

"Pertandingan golf ini diadakan setiap bulan. Dengan demikian, mempunyai aktivitas yang makin baik," kata Sultan.

Menurut dia, berbagai program yang menopang pariwisata bakal mendukung program pemerintah mengembangkan Borobudur dan Kawasan Joglo Semar.

"Ada Airport International (YIA), saya kira prospeknya akan lebih baik," ujar Sultan.

Melalui turnamen itu, dia optimistis mampu mengangkat golf DIY tidak hanya di level nasional, tetapi juga di level internasional serta dapat menjadi momentum pembenahan infrastruktur golf di wilayah DIY.

Turnamen Golf Borobudur Merapi 2022 diluncurkan oleh Borobudur Golf, Merapi Golf, dan Barka Corporation bersama Kemenparekraf, Dinas Pariwisata DIY, serta Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah bersama komunitas golf di DIY.

"Sejauh ini sudah ada 120 pemain golf yang registrasi untuk turnamen Creative Economy dari seluruh Indonesia dan harapannya akan terus meningkat," tutur Ketua Komite Borobudur Merapi (BoMer) Boy Arvadino Hadisantoso.

Baca juga: Rangkaian turnamen IGS beri kesempatan pegolf muda tambah jam terbang

Baca juga: Bianca menjadi yang terbaik kategori putri IGS I Junior Competition

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022