... Jika melihat jejak kaki harimau tersebut, warga memperkirakan jumlahnya ada dua ekor...
Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Seorang warga Desa Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sabtu (24/9), menyaksikan kehadiran harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di pinggiran sungai dekat tempat pemakaman umum di desa tersebut.

Warga Desa Air Rami, Bastian, di Mukomuko, Minggu, mengatakan, harimau tersebut terlihat salah seorang warga yang sedang memancing di sungai yang berada dekat tempat pemakaman umum (TPU).

"Saat warga itu melihat harimau, dirinya langsung lari dan melaporkan kepada warga lain," kata Bastian.

Untuk memastikan kebenaran harimau berada dalam pemukiman penduduk desa tersebut, sejumlah warga desa tersebut langsung turun dan melihat langsung ke lokasi tempat penemuan harimau.

Namun setelah dilihat ternyata yang harimau tersebut sudah pergi dan yang tinggal hanya jejak kaki.

"Jika melihat jejak kaki harimau tersebut, warga memperkirakan jumlahnya ada dua ekor," kata dia menambahkan.

Di tempat terpisah Kepala Desa Air Rami, Khairani, belum menerima laporan soal warga desa itu yang melihat harimau berkeliaran di pemukiman penduduk.

"Sampai saat ini kami belum mendengar informasi itu, namun kalau ada nanti akan kita beritahu," kata dia.

Khairani menyebutkan, sebelumnya harimau sempat terlihat berkeliaran di pinggir sungai Air Rami tapi berada di wilayah Desa Bukit Mulya.

"Tidak menutup kemungkinan harimau yang terlihat di Desa Bukit Mulya mengikuti aliran sungai hingga sampai ke wilayah desan ini," kata dia,

Untuk mengantisipasi harimau masuk pemukiman penduduk, kepala desa mengimbau supaya warga waspada, jika melihat harimau segera laporkan kepada perangkat desa supaya laporan yang sama bisa diteruskan kepada instansi terkait," kata dia. (ANT)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011