Jakarta (ANTARA) - Leeds menampilkan perlawanan dramatis setelah ketinggalan dua gol untuk berbalik mengalahkan 10 pemain Wolves dengan skor 3-2 saat gol terakhir Luke Ayling menaikkan peluang mereka menghindari degradasi dari Liga Premier ketika kedua tim bertanding di Stadion Molineux, Sabtu dini hari ini.

Tim asuhan Jesse Marsch berada dalam masalah besar ketika Jonny dan Francisco Trincao mencetak gol yang membuat Wolves memegang kendali pada babak pertama.

Namun striker Wolves Raul Jimenez dikeluarkan dari lapangan karena menabrak kiper Leeds Illan Meslier pada awal babak kedua.

Leeds memanfaatkan betul kelebihan pemain ini manakala Jack Harrison dan Rodrigo mencetak gol yang menyamakan kedudukan sebelum Ayling membawa Leeds menang pada waktu tambahan

Ini kemenangan kedua berturut-turut Leeds yang mengalahkan juru kunci Norwich pada detik-detik terakhir akhir pekan lalu.

Leeds kini tujuh poin di atas zona degradasi, sedangkan Watford menempati terbawah ketiga tapi mempunyai satu pertandingan lebih banyak.

Baca juga: West Ham tempel terus Arsenal, Leeds akhiri delapan laga tanpa menang

Klub Yorkshire itu belum aman, namun Marsch telah memberikan harapan kepada Leeds sejak menggantikan Marcelo Bielsa pada Februari.

Mereka menunjukkan semangat juang tinggi tidak hanya saat bangkit namun juga setelah kehilangan empat pemain karena cedera.

Wolves berbalik ditekan setelah Ruben Neves dipaksa keluar. Tapi Leeds juga mengalami pukulan besar ketika Patrick Bamford harus mengakhiri pertandingan secara prematur karena dilanggar Leeds padahal dia dia penampilan keempatnya sejak September tahun lalu.

Leeds semakin terpukul ketika Wolves memimpin pada menit ke-26 saat Jonny menyambut umpan silang Trincao dengan penyelesaian klinis dari jarak 12 yard untuk mencetak gol pertamanya sejak 2020.

Leeds juga harus kehilangan Diego Llorente yang tertatih-tatih karena cedera, sedangkan rekannya Mateusz Klich dipaksa keluar dari pertandingan karena gegar otak sebelum turun minum.

Wolves nyaris menggandakan keunggulan ketika tendangan jarak jauh Trincao membentur tiang.

Kemudian Meslier melakukan penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan upaya Jonny, tetapi Wolves kembali menyerang 11 menit memasuki waktu tambahan babak pertama.

Baca juga: Gol semata wayang Coady tentukan kemenangan Wolves atas Everton

Wolves menangkap Leeds dengan tendangan bebas cepat dan Daniel Podence memotong umpannya kembali ke Trincao, yang dengan gesit menyesuaikan untuk melepaskan tendangan rendah melewati Meslier dari tepi kotak penalti.

Leeds kembali harus menyaksikan pemainnya cedera serius pada menit ke-53 ketika Meslier berlari keluar dari sarangnya untuk mencegah Jimenez sehingga terjadi tabrakan brutal yang membuat keduanya kesakitan.

Meslier tidak dapat melanjutkan laga. Leeds dibolehkan memasukkan pemain pengganti keempat karena aturan gegar otak menyusul keluarnya Klich.

Namun Jimenez kemudian diusir ke luar lapangan akibat tekel agresif yang seketika mengubah pendulum permainan.

Leeds memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-64. Tendangan Ayling membentur tiang dan kemudian bola disapu Conor Coady, tetapi Harrison menerkam balu pantulan untuk menjadi gol pertama Leeds.

Tiga menit kemudian Rodrigo menyamakan kedudukan setelah upaya Dan James membentur mistar gawang.

Leeds menuntaskan pembalikan yang menakjubkan pada waktu tambahan ketika Wolves gagal menetralisir tendangan bebas di mana Ayling melesakkan gol penentu kemenangan.

Drama belum berakhir ketika kiper pengganti Kristoffer Klaesson melakukan penyelamatan gemilang yang menggagalkan upaya Trincao dalam menyamakan kedudukan, demikian AFP.

Baca juga: Arteta minta skuadnya waspadai Philippe Coutinho
Baca juga: Guardiola pastikan Man City tetap bergairah tinggi hadapi Piala FA

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022