Kami bergabung dalam pameran UKM
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempromosikan potensi pariwisata Kepulauan Seribu pada ajang balap MotoGP, Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) 18-20 Maret 2022.

"Tidak sekadar promosi pariwisata, kami turut mengajak pelaku ekonomi kreatif untuk mengenalkan produk-produk unggulan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kepulauan Seribu ikuti pameran Mandalika Experience di NTB 18-20 Maret

Pameran pariwisata itu diadakan melalui Mandalika Experience Expo di Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan menggandeng agen perjalanan wisata untuk menawarkan paket wisata ke Kepulauan Seribu.

"Kami bergabung dalam pameran UKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM dengan membawa dua merek terbaik yakni D’Craft dan Senang-senang di Jakarta," ujarnya.

Menurut dia, bersanding dengan Mandalika dalam 10 Bali Baru, Kepulauan Seribu memiliki "surga" bahari tersembunyi yang keindahannya tidak kalah dengan destinasi wisata lain.

Ia mengungkapkan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang dapat disandingkan dengan destinasi bahari di Indonesia lainnya seperti Raja Ampat atau Mandalika yang memiliki kemiripan dari sisi topografi dan dikelilingi oleh gugusan pulau dan ragam aktivitas bahari.

Baca juga: Kepulauan Seribu siapkan Pulau Panggang menang di Anugerah Desa Wisata

Kepulauan Seribu menawarkan daya tarik mulai dari hutan mangrove, konservasi penyu dan hiu, snorkeling, hingga cagar budaya dengan aktivitas yang dapat dilakukan di antaranya berenang, menyelam, snorkeling, banana boat, jet ski, kayak, sambil bermain dengan beragam biota laut.

"Kami sedang mempersiapkan paket-paket yang dapat mengakomodasi masyarakat yang ingin bekerja sambil menikmati keindahan alam Kepulauan Seribu, jadi tidak perlu pergi jauh-jauh semua ada di Jakarta," ungkap Andhika.

Kepulauan Seribu memiliki 113 pulau terdiri dari 11 pulau berpenduduk, tujuh pulau resor, dan pulau konservasi.

Adapun pulau tersebut di antaranya Pulau Macan, Pulau Tidung, Untung Jawa dan Pulau Pramuka.

"Jika ingin menyatu dengan alam Pulau Semak Daun dan Pulau Dolphin bisa disinggahi untuk kemah sejenak, lingkungan yang asri, deburan ombak, dan pasir putih menunggu kedatangan wisatawan," tutur Andhika.

Baca juga: Perangkat daerah diminta terlibat rencana wisata Pulau Panjang

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022