Serang (ANTARA) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait untuk terjun membantu dan menolong warga korban banjir.

Kawasan Carita, Kabupaten Pandeglang dilanda banjir, Sabtu (19/3), setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah tersebut sejak malam hari sehingga sungai yang melintasi kawasan tersebut meluap.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD agar segera menerjunkan anggotanya untuk membantu dan memberi pertolongan pertama yang harus dilakukan,” kata Andika Hazrumy.

Andika sudah meminta BPBD Banten untuk berkoordinasi dengan pemda setempat dalam hal ini Pemkab Pandeglang dalam melakukan upaya-upaya penanggulangan bencana di kawasan tersebut.

Baca juga: Tiga kecamatan di Pandeglang dilanda banjir

Baca juga: BNPB: 16 desa terdampak banjir di Kabupaten Pandeglang


Menurut Andika, BPBD sudah memiliki prosedur tetap dalam melaksanakan upaya penanggulangan bencana, sehingga dipastikan bantuan akan segera dilakukan dengan koordinasi bersama pihak-pihak terkait di lokasi bencana.

“Sampai sekarang Saya masih terus memantau perkembangan lokasi banjir dari petugas kita yang ada di sana,” kata Andika.

Dia sudah meminta Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan segala sesuatunya sesuai prosedur penanggulangan bencana dan bersiap untuk menangani korban bencana.

“Prinsipnya keselamatan warga adalah prioritas, setelah dipastikan mereka selamat selanjutnya mereka harus dipastikan aman, baik kesehatan maupun kebutuhan lainnya,” kata Andika.

Masyarakat di wilayah bencana diminta mengikuti arahan-arahan dari petugas berwenang dalam rangka mereka melakukan upaya penyelamatan.

Andika berharap tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Dia meminta warga korban bencana untuk dapat saling menguatkan dan membantu sehingga dapat melewati bencana dengan selamat.

“Tentu saja kami semua warga Banten mendoakan yang terbaik untuk saudara-saudara kita di sana,” kata dia.

Banjir melanda wilayah Carita, Kabupaten Pandeglang. Banjir disebabkan hujan yang turun sejak pukul 03.30 WIB dini hari, Sabtu (19/3).

Hujan deras menyebabkan air dari Bendungan Badudun dan Sungai Cisurog meluap dan membanjiri sejumlah titik di wilayah Carita, Kecamatan Labuan, Pandeglang. Genangan air pun hingga setinggi pinggang orang dewasa.*

Baca juga: BNPB: Banjir rendam 50 rumah di Kabupaten Pandeglang

Baca juga: Korban banjir di Pandeglang dipasok bantuan BPBD Banten

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022