Kementerian/lembaga terkait lainnya diharapkan dapat mengusung lebih banyak lagi keterlibatan merek-merek fesyen Indonesia di Paris Fashion Week berikutnya
Bandarlampung (ANTARA) - Atase Perdagangan KBRI Paris, Prancis  Ruth Joanna Samaria menyebutkan bahwa partisipasi Indonesia pada Paris Fashion Week 2022 Showroom B2B menjadi momentum bagi kedua merek Indonesia yang masuk pada Paris Fashion Week 2022 untuk memperkenalkan dan menunjukkan siap bersaing dengan merek fesyen global.

"Kementerian/lembaga terkait lainnya diharapkan dapat mengusung lebih banyak lagi keterlibatan merek-merek fesyen Indonesia di Paris Fashion Week berikutnya,” ujar Ruth lewat keterangannya diterima di Bandarlampung, Lampung, Sabtu.

Pada keikutsertaan kali ini, Indonesia menghadirkan dua merek lokal yaitu "SeanSheila" dengan produk tekstil fesyen ready to wear (siap pakai) dan "JewelRocks" dengan produk perhiasan. Dalam pameran tersebut, SeanSheila dan JewelRocks menampilkan koleksi autumn/winter (musim gugur/dingin).

Selanjutnya SeanSheila dan JewelRocks juga akan memamerkan koleksi summer/spring (musim panas/musim semi) di Paris Fashion Week Showroom 2022 di minggu terakhir September mendatang.

Diketahui, Indonesia berpartisipasi di Paris Fashion Week Showroom B2B untuk pertama kalinya pada 4–7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris.

Ruth menyampaikan, keikutsertaan merek Indonesia kali ini pada Paris Fashion Week 2022 Showroom B2B bahkan mendapatkan sambutan dari La Fédération de la Haute Couture et de ía Mode (FHCM) yaitu organisasi resmi penyelenggara Paris Fashion Week. FHCM memberikan atribut khusus yaitu Welcome to Paris - L'Adresse Showroom for Indonesian Designers.

“Dengan atribut khusus ini diharapkan dapat menarik buyer potensial dari Prancis ataupun negara sekitar Iainnya,” tutur Ruth.

Menurut Ruth, kedua merek tersebut telah melalui proses kurasi langsung oleh salah satu agensi fesyen di Paris yang menjadi mitra KBRI Paris yaitu L'Adresse Paris Agency.

“Beberapa aspek yang menjadi faktor penentu dalam pemilihan peserta dalam proses kurasi adalah kesesuaian dengan selera pasar Prancis; kesiapan manajemen, finansial, dan produk; serta kesediaan berkomitmen dan berkolaborasi dalam pelaksanaan promosi pada Paris Fashion Week 2022 Showroom untuk dua musim,” imbuhnya.

Paris Fashion Week 2022 merupakan salah satu agenda terpenting dalam kegiatan promosi produk fesyen internasional. Selain menampilkan peragaan busana, Paris Fashion Week juga memberikan kesempatan kepada produk-produk dari luar Prancis untuk mempromosikan produknya pada Paris Fashion Week Showroom B2B.

Setiap tahunnya, Paris Fashion Week menjadi tuan rumah lebih dari 200 ruang pajang (showroom) produk fesyen, aksesori, perhiasan dan, gaya hidup.

Beberapa negara lainnya yang turut mempromosikan produk fesyen pada Paris Fashion Week Showroom B2B antara lain Pakistan, India, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Portugal, dan Spanyol.

Agenda Indonesia Welcome to Paris — L'Adresse Showroom for Indonesian Designers resmi tercantum pada jadwal Paris Fashion Week 2022. Hal itu dapat memberikan informasi dan kesempatan tampilnya desainer Indonesia pada Paris Fashion Week 2022 di hadapan audiensi seluruh tamu/undangan Paris Fashion Week yang sebagian besar adalah buyer fesyen dan merek internasional ataupun ritel-ritel fesyen internasional.

Total perdagangan Indonesia-Prancis tahun 2021 sebesar 2,28 miliar dolar AS atau meningkat 0,25 persen persen dibanding tahun 2020 yang tercatat sebesar 2,27 miliar dolar AS.

Baca juga: Mengenal fesyen sirkular, siklus yang mengubah dinamika dunia mode
Baca juga: Pandemi bisa jadi inspirasi untuk buat karya fesyen dan seni
Baca juga: Pemerintah dukung jenama fesyen lokal "go internasional"


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022